Terus Pantau dan Cegah Sebaran PMK, Lalu Lintas Orang di Kandang Harus Dikurangi

KBRN, Malang : Pemerintah Kabupaten Malang terus melakukan upaya pemantauan dan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi ternak di Kabupaten Malang. Sebab itu, lalu lintas orang di kandang ternak sapi harus dikurangi. 

" Selain harus dilakukan penyemprotan di kandang, dan bio security, pengurangan intensitas lalu lintas orang di kandang juga sangat penting," ungkap Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Nur Cahyo, Senin (23/5/2022). 

Menurut Cahyo, sebaran virus pada PMK ini sangat cepat, menggunakan berbagai sarana, diantaranya melalui alat angkut ternak dan sejumlah sarana lain yang menghantarkan virus. 

" Orang yang masuk kandang juga harus steril, sebab virus penyebab PMK ini, " terangnya. 

Dinas Peternakan Kabupaten Malang mengerahkan seluruh penyuluh Peternakan untuk memberikan edukasi kepada peternak secara terus menerus agar sebaran PMK pada ternak sapi bisa diputus. 

"Kalau terjadi ternak sapi ada indikasi PMK, kami mohon segera diobati dengan antibiotik dan terus diberi vitamin, " urainya. 

Diunggah RRI sebelumnya, ratusan ternak di Kabupaten Malang suspek PMK di 5 wilayah kecamatan di Kabupaten Malang,  antara lain di Ngantang, Singosari, Wajak, Gondanglegi dan Pagelaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar