PMK di Kabupaten Malang Tembus 280 Ekor, Baru 26 Ekor yang Sembuh

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Nur Cahyo. (Foto: Istimewa).

KBRN, Malang : Suspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Malang tembus 280 ekor sapi, baru 26 ekor sapi yang dinyatakan sembuh dari PMK. 

" Sampai hari Selasa ini ternak sapi yang suspek PMK sekitar 280 ekor dan ada 26 ekor yang sembuh, " kata Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Nur Cahyo kepada RRI, Selasa (17/5/2022). 

280 ekor ternak sapi itu tersebar di 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang, antara lain Kecamatan Ngantang, Singosari, Wajak, Pagelaran, dan Gondanglegi. 

" Yang paling banyak ditemukan kasus suspek itu di Ngantang," terangnya. 

Ditanya menghadapi upaya penanganan dan pengendalian sebaran PMK, terlebih persiapan Iduladha, Cahyo menegaskan sekarang sudah dilakukan penanganan sistematis, karena vaksin belum datang. 

" Peternak sudah biasa menangani luka dan panas pada ternak, telah diberikan edukasi dan pelatihan. Ya kalau luka diberi anti biotik, dan agar imun ternak sapi kuat diberi vitamin, " urainya. 

" Juga kaki ternak sapi yang luka dicelup formalin, kandang disemprot disinfektan, dan diberi biosecurity serta biosafety, " sambung Cahyo. 

Cahyo menegaskan 280 ekor sapi yang suspek PMK itu, tercatat hanya sedikit dari total populasi sapi di wilayah Kabupaten Malang yang mencapai 243 ribu ekor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar