Legislatif dan Eksekutif Kota Batu Sepakat Perubahan Raperda

KBRN, Batu : Pemerintah Kota Batu dan DPRD Kota Batu akhirnya menyetujui Raperda Perubahan Kedua Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Anggota DPRD Kota Batu, Didik Mahmud mengatakan, perubahan raperda dilakukan sebagai upaya mewujudkan kelembagaan perangkat daerah yang efektif dan efisien.

"Raperda berisi desain perubahan perangkat daerah Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu menjadi dinas tipe A dan Tenaga Kerja menjadi dinas tipe C," terangnya, Kamis (27/1/2022).

Sebagai informasi raperda tersebut telah melewati proses pemeriksaan secara detail oleh Pansus DPRD dan proses penyelarasan yang dilakukan oleh Biro Hukum Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menjelaskan bahwa dinamika pemerintah daerah begitu cepat. Adanya undang-undang cipta kerja mengharuskan dilakukannya penyesuaian dan penyelerasan terhadap perda.

"Dengan penetapan ini, harapannya bisa memberikan kepastian hukum dan tercapainya maksud dan tujuan Perda yang ditetapkan," jelasnya.

Dengan disetujuinya Raperda Perubahan Kedua Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, maka akan ada perubahan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) dan Dinas Pendidikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar