Anggarkan Rp 2,3 M, Pemkot Batu Siap Dirikan UDD Tahun Ini

KBRN, Batu : Harapan berdirinya Unit Donor Darah (UDD) di Kota Batu, bakal terwujud. Hal ini berdasarkan pada anggaran yang telah disiapkan Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kesehatan sebesar Rp 2,3 miliar untuk pembangunan salah satu unit kerja Palang Merah Indonesia (PMI).

Ketua PMI Kota Batu yang juga Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan anggaran pembangunan UDD bersumber dari pergeseran  pembangunan dua puskesmas yang ditunda, karena belum menemukan lahan ideal.

“Anggarannya sebesar Rp 2,3 milyar, pembangunannya direalisasikan tahun ini, berdirinya UDD ini untuk memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit yang ada di Kota Batu, lalu juga bisa untuk memenuhi kebutuhan darah seperti rumah sakit atau puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang serta Kecamatan Dau dan Karangploso," jelasnya, Senin (24/1/2022).

Sekedar informasi, Kota Batu menjadi wilayah di Jawa Timur yang masih belum memiliki UDD. Nantinya ketika berdiri UDD di Kota Batu, secara tidak langsung akan menjaga kualitas darah yang dibutuhkan oleh pasien. Nantinya, pengelolaan UDD ditangani langsung PMI Kota Batu. 

“Melihat dari pengalaman sebelumnya dengan peningkatan kasus Covid-19 pertengahan tahun lalu, kebutuhan darah dan plasma konvalesen sangat dibutuhkan. Namun di Kota Batu kesulitan mencarinya dan membuat masyarakat yang membutuhkan mencari ke Kota/Kabupaten Malang, jadi UDD ini bisa dibilang sangat penting untuk Kota Batu,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar