FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Bangun Rumah Hunian Bagi Korban Erupsi Semeru, PAPDI Gandeng ACT Malang

KBRN, Malang : Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Malang menjalin kerjasama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam rangka pembangunan Integrated Community Shelter (ICT) bagi Korban Erupsi Gunung Semeru. Rumah hunian itu dibangun di kawasan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Ketua PAPDI Cabang Malang, Dr. dr. Atma Gunawan, SpPD, K-GH, FINASIM mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PAPDI untuk untuk korban erupsi Semeru. 

“Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021 lalu telah menimbulkan dampak yang besar terutama bagi warga yang hidup disekitarnya. Banyaknya korban terdampak yang kehilangan tempat tinggal akibat timbunan pasir dari erupsi Gunung Semeru, mengakibatkan banyak warga harus tinggal di tempat lain,” katanya, Jumat (21/1/2022).

Melihat hal itu, PAPDI Cabang Malang sebagai salah satu organisasi profesi dokter terdekat dengan lokasi bencana melakukan aksi cepat tanggap dalam menanggapi terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru dengan melakukan kegiatan penyaluran bantuan secara Iangsung ke lokasi terdampak yaitu desa Sumberwuluh dan Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang pada 5 Desember 2021 lalu. 

“Selain itu, PAPDI Cabang Malang juga melakukan kegiatan penggalangan dana dalam PAPDI PEDULI SEMERU. Kegiatan penggalangan dana yang dibuka sejak 5 Desember 2021 sampai saat ini masih terus berjalan dan dana yang telah terkumpul adalah sebesar Rp 302 juta lebih,” ungkapnya.

Dalam rangka penyaluran donasi tersebut, PAPDI Cabang Malang bekerjasama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang dalam pembangunan Integrated Community Shelter (ICT), khususnya hunian sementara (Huntara) bagi korban terdampak dengan total target pembuatan 32 shelter.

“Kami percaya dengan kolaborasi bersama ACT, hunian yang dibangun ini bisa dimanfaatkan untuk warga pengungsi erups Semeru,” tuturnya.

Sementara itu, Branch Manager ACT Malang, Abidin Hanif mengungkapkan, untuk langkah awal PAPDI Cabang Malang akan membangun 10 shelter di daerah relokasi yang bertempat di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

“Tahap awal anggaran 10 shelter dulu, untuk proses semua sesuai dengan arahan pemerintah. Begitu juga pemilihan warga yang berhak menempati juga menjadi ranah pemerintah,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar