Pemkot Malang Raih Anugerah Meritokrasi, Kualitas Manajemen ASN Makin Dikuatkan

KBRN, Malang : Pemerintah Kota Malang kembali menorehkan prestasi, kali ini meraih Anugerah Meritokrasi tahun 2021. Penghargaan ini diraih oleh Pemerintah Kota Malang karena dinilai telah menerapkan sistem merit dengan baik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Wali Kota Malang, Sutiaji berkesempatan menerima langsung penghargaan yang diserahkan oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto di The Westin Grand Ballroom Surabaya, Selasa (7/12/2021). 

"Alhamdulillah Kota Malang berhasil menerima Penghargaan Anugerah Meritokrasi dari KASN. Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan komitmen bersama untuk menguatkan kualitas tata kelola manajemen ASN di Kota Malang," kata Sutiaji.

Menurutnya, Anugerah Meritokrasi yang diterima ini menjadi dorongan bagi Pemerintah Kota Malang untuk konsisten dalam menerapkan sistem merit. 

"Penerapan sistem merit ini menjadi sistem manajemen ASN yang strategis, dan harus dilaksanakan secara kontinu. Guna mencetak sumber daya ASN di Pemerintah Kota Malang yang kompeten dan unggul," ucapnya.

Setidaknya, terdapat 123 instansi baik di Pemerintah Pusat maupun Daerah yang menerima Anugerah Meritokrasi dengan predikat Sangat Baik dan Baik pada kegiatan tersebut. Kota Malang sendiri memperoleh Anugerah Meritokrasi pada Kategori Baik. 

“Untuk itu, saya mengajak agar ke depan prestasi ini dapat ditingkatkan. Semoga torehan prestasi yang telah diraih ini dapat terus ditingkatkan demi mewujudkan birokrasi di Pemerintah Kota Malang yang semakin baik," ujarnya.

Sutiaji juga menyampaikan terima kasih atas kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang termasuk seluruh ASN yang terlibat dalam proses ini. 

 "Tentu apresiasi positif kami sampaikan. Prestasi ini tidak lepas dari dukungan, kerja keras dan peran segenap pihak yang terlibat," ucap Walikota Sutiaji.

Sementara itu, Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin, yang hadir secara virtual menyampaikan perlunya mengembangkan dan memperkuat implementasi manajemen talenta dalam manajemen ASN.

“Hal ini penting untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik," terangnya.

Pada kesempatan itu, Ketua KASN, Agus Pramusinto menyampaikan apresiasi atas keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit sebagau komitmen dalam memperbaiki manajemen ASN. 

"Kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar