FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Belasan Hektar Lahan Pertanian di Supiturang Lumajang Rusak

KBRN, Malang : Imbas erupsi Gunung Semeru, belasan hektar lahan pertanian warga di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang rusak, tertimbun abu vulkanik. 

Praktisi, masyarakat petani mengalami gagal panen. Sejumlah tanaman itu, mulai dari tanaman kapulaga, pisang hingga tanaman kopi. Bahkan, di lokasi terlihat tanaman tomat dan cabai juga rusak parah akibat erupsi tersebut. 

" Saat erupsi terjadi saya ada di hutan pak, menyelamatkan diri. Tanaman saya yang rusak, " kata Chairul, satu diantara petani di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo ditemui RRI, Selasa (7/12/2021). 

Menurutnya, lahan miliknya yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru seluas satu hektar. Tertimbun abu dengan ketebalan sekira satu centimeter. 

" Ya sekarang tertimbun abu pak tidak bisa dipanen, rusak kalau tidak diguyur hujan yang lahannya tidak bisa digarap," terangnya. 

Ia menaksir, total kerugian yang diderita mencapai Rp 100 juta, mulai tanaman pisang, kopi hingga kapulaga. 

Hingga sekarang belum ada pendataan terkait kerusakan lahan pertanian. Pemerintah masih fokus evakuasi dan pencarian korban hilang. 

Chairul mengaku pasrah atas peristiwa itu. Kata dia, apabila ada bantuan dari pemerintah akan diterima, tetapi jika tidak ia tidak akan menuntut. 

" Yang penting keluarga saya selamat, anak saya hampir tertimbun pak, " pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar