FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Dokter Spesialis Bedah dan Peralatan Canggih Didatangkan ke Lumajang

KBRN, Malang : Belasan korban erupsi gunung Semeru Lumajang mengalami luka bakar hingga 80 persen. Sebagian korban dirawat di Rumah Sakit yang ada di Kecamatan Pasirian, sebagian dirawat di Rumah Sakit Haryoto Lumajang. 

" Ada belasan korban erupsi Semeru yang mengalami luka bakar hingga 80 persen, dan korban ini  tidak bisa  dipindah, sifatnya in-transportable, pasien tidak bisa dialihkan harus dirawat di tempat itu juga meski Rumah Sakit-nya tidak layak karena tipe D seperti di Pasirian, " kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kepada RRI saat meninjau ke Lumajang, Senin (6/12/2021). 

Sebab itu, ia telah meminta kepada Menteri Kesehatan agar mengirim dokter spesialis bedah dan alat bedah yang canggih serta obat-obatan yang bagus. 

" Untuk obat-obatan tadi malam sudah datang di RS Pasirian dan RS Haryoto, " terangnya.

Kata Muhadjir, kemarin korban erupsi Semeru di RS Lumajang ada dua orang yang meninggal dunia. Sehingga total korban meninggal dunia hingga Minggu (5/12/2021) malam ada 14 orang. 

" Juga ada dua korban yang dikirim ke RS Jember untuk diobati.  Selain itu, 12 orang korban di  RS Pasirian juga dipindah ke RS Haryoto yang memiliki fasilitas jauh lebih bagus, karena RS tipe B, " pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar