FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Tinjau Posko di Pronojiwo Lumajang, Menko PMK Sebut Kebutuhan Pengungsi Masih Cukup

KBRN, Malang : Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau langsung kondisi pengungsi korban erupsi gunung Semeru di wilayah Kecamatan Pronojiwo, Senin (6/12/2021). 

Dalam kunjungannya, Menko PMK menyebut memada bantuan bagi korban pengungsi di Kecamatan itu sangat layak, berbeda dengan laporan yang diterima dari Bupati Malang yang disebut korban pengungsi kekurangan selimut. 

" Bantuan ini kita lihat layak sekali lebih dari cukup, alat tidur selimut lebih lebih, beda dengan yang disampaikan Bupati Malang," kata Muhadjir di sela melihat kondisi bantuan korban erupsi Gunung Semeru di SMAN 1 Pronojiwo. 

Bahkan, bantuan untuk pangan, konsumsi dinilai lebih cukup, sangat memadai. Sebab itu, Ia tidak khawatir untuk pengungsi dari Desa Sumberurip dan Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. 

" Ini kan ada dua kecamatan yang terdampak langsung Kecamatab Pronojiwo dan kecamatan Candipuro. Yang Pronojiwo ini harus diakses dari Malang karena jembatan Perak terputus, " bebernya. 

" Saya melihat yang dari Malang ini tidak masalah Korban juga tidak ada, hanya pengungsi saja," sambungnya. 

Muhadjir juga menambahkan kecamatan terdampak parah di wilayah Kecamatan Candipuro. Lanjutnya, sesuai perintah Presiden yang pertama harus ditangani adalah korban langsung, seperti cidera dan korban luka.

Menko PMK hadir didampingi Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto dan Komandan Kodim 0818/Malang-Batu Letkol (Inf) Yusub Dody Sandra.  Pantauan RRI di sekitaran Posko Pronojiwo, terlihat relawan dan petugas gabungan berlalu lalang melakukan penanganan bagi korban pengungsi. Termasuk distribusikan bantuan yang ada di Posko. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar