FOKUS: #TANGGAP BENCANA

BPBD Kabupaten Malang Ditugasi Evakuasi Warga di Dua Desa di Lumajang

Relawan dan Petugas BPBD tengah evakuasi korban erupsi Gunung Semeru di wilayah Lumajang. (Foto: Istimewa).

KBRN, Malang : Tercatat enam Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang terdampak erupsi Gunung Semeru. Diantaranya, Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, sebagian wilayah Kecamatan Dampit, Wajak, Poncokusumo dan sebagian Bantur. 

" Tetapi yang terdampak langsung tidak ada, hanya hujan Abu vulkanik tipis, Abu kecil intensitas ringan dan sedang, " kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan kepada RRI, Minggu (5/12/2021). 

Menurutnya, wilayah yang terdampak hanya sebatas hujan Abu tipis, disebut tidak ada ganguan di masyarakat yang bermukim di enam kecamatan tersebut.

Sebab itu, petugas BPBD Kabupaten Malang dan beberapa BPBD di daerah lain di Jawa Timur diberikan tugas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk membantu melakukan evakuasi warga di wilayah Kabupaten Lumajang. 

" Terutama di dua Desa di Kecamatan Pronojiwo, kan jembatan Perak putus sehingga tidak bisa diakses oleh BPBD Lumajang, " terang Sadono. 

"Kami BPBD Kabupaten Malang dan beberapa BPBD Kediri, Pacitan dan Pasuruan mendapat Instruksi Provinsi untuk BKO di wilayah Kecamatan Pronojiwo, " sambungnya. 

Tepatnya melakukan evakuasi warga di Desa Sumberurip dan Supiturang Kecamatan Pronojiwo. Hingga Sabtu (4/12/2021) malam, warga di dua Desa itu sudah berhasil dievakuasi dan diungsikan di Pos Pengungsian yang wilayah Kabupaten Lumajang. 

"Rata -rata korban yang dievakuasi terkena Ispa, gangguan pernafasan karena menghirup abu, " pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar