Dinkes: Perilaku Hidup Sehat di Ponpes Terus Membaik

KegiatanEvaluasi Pendampingan Pos Kesehatan Pesantren Kota Malang
Seluruh pengurus ponpes di Kota Malang diminta Dinkes komitmen meningkatkan lingkungan ponpes yang bersih sehat dan nyaman

KBRN, Malang : Upaya untuk menyehatkan masyarakat khususnya dimasa pandemi sekarang ini, terus dilakukan Pemerintah Kota Malang melalui  Dinas Kesehatan (Dinkes) Setempat dengan program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).

Kali ini yang menjadi sasaran Dinkes adalah seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada diwilayah Kota Malang, dipilihnya Ponpes karena di Kota Malang berdiri banyak Ponpes.

"Dengan sosialisasi bertajuk Evaluasi Pendampingan Pos Kesehatan Pesantren Kota Malang ini merupakan, kegiatan untuk menjadikan Ponpes lebih sehat , aman dan nyaman," kata Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif, Senin (29/11/2021).

Langkah ini tidak bisa terwujud, lanjutnya, tanpa Komiter dari seluruh seluruh penghuni Pesantren termasuk pengelolanya.

Dikatakan, sejak dilakukan pembinaan yang berlangsung bulan Juni tahun 2020 silam di komunitas ponpes sudah menunjukkan progres ke arah yang lebih baik, terbukti 15 ponpes yang dibina menunjukkan perbaikan dengan 18 indikator.

"Alhamdulilah ada progres yang bagus sejak ada  pendampingan nanti kriterianya itu ada sekitar 18 indikator untuk melihat adanya progress perbaikan atau perubahan pada pondok pesantren. Kalau kita lihat tadi di awal tahun 2020 Desember itu masih ada yang di kategori 2 kemudian bisa naik ke tingkat 3 ini artinya bahwa civitas pesantren ini mampu memberikan perubahan," terangnya

Ditambahkan mantan direktur RSUD Kota Malang ini, melalui pembinaan dan pendampingan kedepannya diharapkan seluruh santri ini mampu menjadi agen perubahan tidak hanya di ponpes namun ketika sudah  kembali ke rumah bisa menjadi contoh bagi keluarga maupun masyarakat ketika mereka terjun ke masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar