FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Hujan Deras, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Rumah Warga di Kawasan Glintung samping Carrefour yang terendam banjir
TRC BPBD Kota Malang sedang memberikan bantuan kepada warga

KBRN, Malang : Banjir yang terjadi pada Selasa (19/10/2021) di Kota Malang tidak hanya merendam jalanan yang mengakibatkan kemacetan, namun juga merendam kawasan permukiman warga di Jl Karya Barat dan Karya Timur, Kecamatan Blimbing. Akibatnya 20 rumah warga disana terpendam dan diungsikan sementara.

Kepala BPBD Kota Malang, Ali Mulyanto saat dihubungi RRI mengatakan, hujan pukul 13.00 WIB dengan intensitas tinggi menyebabkan sejumlah kawasan terendam banjir, dengan ketinggian air antara 50 hingga 100 cm.

"Kawasan paling parah adalah jalan Letjen Sutoyo hingga Jalan Glintung selanjutnya arus lalu lintas kita stop dan kita alihkan," jelas Ali, Selasa (19/10/2021).

Mantan Camat Blimbing ini menerangkan, unt 20 rumah terendam setinggi 1 meter dikawasan Jalan Glintung samping Carrefour ini sudah dilakukan penanganan.

"Dulunya ini adalah drainase, karena kebutuhan terjadilah alih tata guna lahan yang jadi pemukiman sehingga ketika hujan dengan intensitas tinggi maka akan terjadi banjir," paparnya.

Untuk kerugian pihaknya mengaku masih belum dihitung. Tetapi ia menegaskan tidak ada korban jiwa.

"Kebanyakan barang-barang mebelir yang terendam dan saat ini air sudah surut kemudian pembersihan material banjir telah dilakukan oleh TRC BPBD Kota Malang," tuturnya.

Hingga pukul 18.00 WIB, data BPBD Kota Malang mencatat  ada 22 lokasi yang terdampak terkait peristiwa hujan deras yang berakibat banjir di sejumlah kawasan.

Kawasan tersebut adalah Jl. Tembaga (depan kelurahan purwantoro) Jl. Borobudur, Jl. Danau Toba Raya, Jl. Ir. Rais Gg.2, Jl. Cengger Ayam, Jl. Galunggung, Jl. Danau Sentani Raya, Jl. Teluk Grajakan, Jl. Tenaga Utara (depan kantor kelurahan blimbing), Jl. Pasar Besar, Jl. Kalpataru, Jl. Bukit Barisan, Jl. Kedawung Gg.1 Komplek Irama Purwantoro, Jl. Candi Bima, Jl. Lesanpuro,  Jl. Industri barat, samping carefour (RT.03 RW.01), Jl. Kebun jeruk belakang, Jl. Letjend s parman(Depan Carefour arah ke selatan), Jl. Raya blimbing, Jl. Taman siswa, Jl. Raya Sulfat.

Selanjutnya pihak BPBD melakuan koordinasi dengan DPUPRPKP Kota Malang untuk melakukan upaya. Yakni melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian.

Kemudian melakukan pembersihan material banjir oleh TRC BPBD Kota Malang. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin mengingat sudah memasuki pancaroba.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00