FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Hujan Deras Satu Jam Bikin Kota Malang Banjir

Banjir di kawasan jl. Letjen Sutoyo
Banjir di jl. Ciliwung hingga tidak bisa dilewati kendaraan
Banjir di kawasan jl. Suhat depan Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB)

KBRN, Malang : Hujan deras mengguyur Kota Malang sekitar satu jam, Selasa (19/10/2021) siang. Akibatnya, sejumlah kawasan terutama jalan poros dilanda banjir, kawasan yang  terpantu seperti kawasan jalan Soekarno Hatta depan RSUB dan sekitarnya, kemudian Jl. Borobudur  Jl. Galunggung, Jl. Dieng, Jl. Danau Toba Sawojajar, Jl. Ciliwung, Jl. Borobudur, Jl. Letjen Jl. Sutoyo, Jl. Kedawung dan Jl. Ir. Rais.

Bahkan kawasan yang agak parah di jalan Letjen Sutoyo dan Ciliwung yang menyebabkan sulit dilalui kendaraan baik roda 4 maupun roda 2.

Sedangkan dari video uang beredar di medsos, kawasan pemukiman Jl Ir Rais dan Bareng, terlihat warga berusaha dengan segala peralatannya menghalau air masuk ke dalam rumah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Ir Diah Ayu Kusuma Dewi MT, saat dikonfirmasi beberapa saat lalu membenarkan adanya banjir yang lebih dari 10 titik.

"Kami sudah siagakan satgas dan sedang berkeliling memantau kawasan banjir," ujarnya, Selasa (19/10/2021).

Jumlah titik-titik banjir sedang saat ini sedang di identifikasi penyebabnya namun kebanyakan biasanya dari sumbatan sampah, kemudian dari gorong - gorong yang kecil tidak dapat menampung air karena volumenya besar dan meluber ke jalan.

"Padahal beberapa waktu lalu kita sudah keruk sampah di depan warung ayam goreng cak per, tetapi masih banjir saja," katanya.

Ditambahkan, lokasi langganan banjir masih tetap yakni terjadi seperti Suhat dan jl. Letjend Sutoyo dan pihaknya bersama dengan tim Satgas banjir terus memantau akan melakukan normalisasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00