Sebut Hanya Singgah di Pantai, Pemkot Malang Meminta Maaf

Sekertaris Daerah Kota Malang, Erik Santoso

KBRN Malang : Pemerintah Kota Malang menyampaikan permohonan maaf kepada Pemerintah Kabupaten Malang dan jajaran terkait Gowes yang berakhir di Pantai Malang Selatan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga viral dan menuai banyak protes. 

Sekda Kota Malang Erik Santoso kepada awak media di Balaikota mengatakan, bahwa kejadian yang menjadi perdebatan publik itu terjadi, karena dinilai adanya miss koordinasi dan komunikasi. Ia mengklaim sudah dilakukan koordinasi antar jajaran.

Bahkan, Sekda menyebut keberadaan rombongan gowes di obyek wisata adalah untuk istirahat dan sekedar transit untuk melakukan loading perbekalan dan sepeda selama 60 menit. Diakuinya sudah ada rombongan yang masuk di dalam lokasi pantai Kondang Merak yang kemudian di perintahkan untuk keluar.

Erik juga juga mengaku kesulitan sinyal ketika akan menghubungi pihak terkait untuk koordinasi, lanjutnya, persoalan semakin dilematis ketika ada satgas setempat yang di dalamnya ada aparat Kepolisian dan TNI menyatakan tidak memberi informasi tersebut.

"Dalam konteks ini pastinya kami benar benar menyampaikan permintaan dan permohonan maaf yang sedalam dalamnya," tuturnya, Senin (20/9/2021). 

Untuk selanjutnya, Erik menyerahkan sepenuhnya kepada Polres Malang. Menurutmu, sebagai warga Negara yang baik, akan menghormati segala proses hukum yang akan dilakukan oleh Polres Malang.

Erik menambahkan dipilihnya Pantai Kondang Merak, karena memiliki medan yang menantang untuk Gowes. Pihaknya juga menepis tudingan jika Pemkot memaksa masuk kawasan pantai Kondang Merak. 

Diunggah RRI sebelumnya, rombongan pejabat Kota Malang, termasuk Wali Kota Malang Sutiaji melakukan Gowes di obyek wisata Pantai Kondang Merak, Minggu (19/9)2021). Rombongan itu berjumlah sekitar 50 orang, terlihat melakukan aktivitas wisata di pantai. Sebagian membawa kendaraan dinas yang terlihat pada foro diparkir di lokasi wisata tersebut. 

Pada video dan foto yang beredar, rombongan juga terlihat berswafoto bersama di tepi pantai layaknya wisatawan yang sedang bertamasya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00