Rencana Pemkab Malang Beri Desa Rp 1,5 Miliar Tengah Diseriusi

KBRN, Malang : Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengucurkan anggaran Rp 1,5 miliar bagi setiap desa tengah diseriusin, kini tengah disusun rencana pemberian anggaran itu, yang merupakan janji Bupati Malang HM Sanusi beberapa tahun lalu. 

Alokasi anggaran itu merupakan dana ekstra bagi 378 Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Malang. Bahkan, kini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tengah menyusun perencanaan pemberian anggaran tersebut.

"Kita masih meninjau kemampuan keuangan kita, dan akumulasi kebutuhan desa," kata Kepala Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, Sabtu (18/9/2021).

Ia menegaskan, rencana kucuran anggaran itu kemungkinan bisa terjadi. Namun, ia menyebut belum memastikan besaran nilainya. 

"Nanti rencananya anggaran itu tidak masuk di Dana Desa (DD), karena DD masuk kewenangan desa, tetapi nanti bisa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD juga," imbuhnya. 

Anggaran ekstra itu diharapkan bisa membantu pemerintah desa dalam melancarkan pembangunan di desa, juga bisa untuk penggunaan lain yang berujung pada kesejahteraan masyarakat desa. Tomie menambahkan saat ini tengah dilakukan penghitungkan, sebab anggarannya tinggi. 

" Bisa saja nanti Rp 1,5 miliar atau Rp 1 miliar kami belum bisa memastikan. Termasuk memastikan untuk pembangunan fisik atau yang lainnya, " pungkas Tomie.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00