Ada Bangunan di Atas Lahan Irigasi, Begini Kata Satpol PP Kabupaten Malang

KBRN, Malang : Puluhan bangunan semi permanen terlihat berdiri di atas lahan irigasi yang ada di Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Sebab itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) tengah bersurat kepada dinas terkait, apakah bangunan itu mengganggu jaringan irigasi atau tidak. 

"Kami sudah bersurat ke Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur untuk mempertanyakan, apakah memang keberadaan bangunan diduga liar itu mengganggu, " kata Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang, Kamis (16/9/2021). 

" Kios kios itu kan berdiri di atas jaringan air, harus kita tanyakan terlebih dahulu kepada dinas terkait, " tegasnya. 

Menurutnya, kewenangan untuk melakukan penertiban  tergantung pada keputusan Pemerintah Provinsi Jatim. Diakui, dari pantauan di lapangan keberadaan bangunan itu dinilai terkesan sedikit mengganggu estetika, juga memicu kemacetan lalu lintas. 

Ia mengaku kali kesekian menerima laporan dari pihak Muspika Gondanglegi, bahwa keberadaan bangunan yang digunakan untuk warung itu banyak dikeluhkan masyarakat. 

"Iya Muspika Gondanglegi sudah berkali-kali melapor, karena dinilai mengganggu estetika, mengganggu jalan. Bahkan, ada laporan hingga saat ini warung warung itu kerap digunakan sebagai tempat hiburan malam,"bebernya. 

Firmando mencatat ada lebih dari 48 bangunan yang berderet memanjang dari pertigaan di depan Puskesmas Gondanglegi hingga ke perbatasan antara Gondanglegi dan Pagelaran.  Sementara yang ke arah utara ada sekitar 40-an bangunan. Bangunan itu digunakan untuk usaha, mulai dari warung kopi, hingga berjualan makanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00