FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Ribuan Pelajar di Kota Malang Mulai Divaksin

KBRN, Malang : Serbuan vaksinasi untuk pelajar di Kota Malang mulai dilakukan. Sedikitnya seribu vaksin disiapkan untuk proses vaksinasi bagi remaja berusia di atas 12 tahun. Di Kota Malang, vaksinasi untuk pelajar diawali di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Malang, Rabu (4/8/2021). Antusiasme siswa untuk mengikuti gelaran vaksinasi ini sagat tinggi. Terbukti, ratusan siswa antre secara bergilir untuk mendapatkan vaksinasi jenis Sinovac.

“Hari ini serentak di Jawa Timur vaksinasi untuk siswa, di Kota Malang kita tunjuk SMAN 2. Nanti bertahap untuk siswa SMP dan SD yang usianya di atas 12 tahun,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji di sela pemantauan vaksinasi.

Pihaknya menargetkan 100 persen siswa bisa divaksin. Harapannya bisa terbentuk herd immunity di lingkungan sekolah. Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan pembelajaran tatap muka di sekolah bisa dilaksanakan.

“Vaksinasi pelajar ini menjadi salah satu upaya menyiapkan pembelajaran tatap muka. Jika sudah terbentuk herd immunity saya yakin pembelajaran tatap muka bisa segera dilaksanakan, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya. 

Lebih lanjut Sutiaji mengungkapkan, berdasarkan hasil rakor bersama Menko Maves Luhut B. Pandjaitan terkait vaksinasi, di bulan Agustus ini ada 70 juta vaksin masuk, termasuk ada tambahan lagi 50 juta.

“Berarti kan ada 120 juta. Maka akan diperuntukkan pada semua warga Indonesia, termasuk di dalamnya adalah pelajar sekolah-sekolah di Kota Malang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Malang, Hariyanto mengungkapkan jika vaksinasi ini ditujukan untuk selurus siswa mulai dari kelas XII, kelas XI, dan kelas X. Untuk menghindari kerumunan, proses vaksinasi dilakukan secara berhatap menggunakan sistem shift.

“Siswa datang secara bergantian. Mereka juga harus membawa surat izin vaksinasi dari orang tua. Sebelumnya siswa harus mendaftar vaksin melalui google form,” kata Hariyanto.

Pihaknya berharap dengan vaksinasi ini bisa segera terbentuk herd immunity di lingkungan sekolah, sehingga pembelajaran tatap muka bisa segera dilaksanakan.

“Vaksinasi ini hanya dilakukan selama satu hari untuk dosis pertama, semoga vaksinasi dosis kedua nanti juga berjalan lancar,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00