Dikarantina, Dapur Umum Didirikan Bagi Warga Klaster Hajatan di Malang Selatan

KBRN, Malang : Muspika Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Tim Satgas COVID-19 dibantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan warga dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo yang tengah di karantina massal, umbar 5 warga terkonfirmasi positif COVID-19 klaster hajatan. 

" Kami Satgas Kecamatan dibantu PMI menyiapkan dapur umum membantu pangan warga yang isolasi mandiri, " kata Plt Camat Sumbermanjing Wetan, Nurmawan Wibowo kepada RRI, Selasa (22/6) 2021).

Menurutnya, selain ada 5 warga Dusun Rowoterate yang terkonfirmasi positif COVID-19, juga ada 89 warga yang sudah dites PCR pada Minggu (20/6/2021) kontak erat dengan 5 pasien positif. Kini menunggu hasil tes tersebut. Karenanya, ke-89 warga itu juga diminta isolasi mandiri di rumah masing masing. 

" 89 orang itu memang dipaksa isolasi mandiri karena kontak erat dengan 5 positif, " terangnya. 

Sementara bagi warga lainnya yang bermukim di Dusun Rowoterate diminta tetap bertahan di rumah masing-masing, tidak melakukan aktivitas di luar rumah untuk menjaga agar tidak terjadi penyebaran virus. 

Diimbau, bagi warga Dusun Rowoterate yang mengalami keluhan sakit mirip dengan gejala COVID-19 agar menghubungi petugas kesehatan setempat. 

"Selain pihak puskesmas juga langsung memantau dan memberikan pelayanan kesehatan warga di sini, " beber Nurmawan. 

"Warga lain tetap waspada dan isolasi di rumah saja sampai 14 hari. Kami siapkan dapur umum di Desa Sitiarjo, bantuan dari PMI, " lanjutnya. 

Pihaknya bersama tim satgas dibantu relawan telah melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan di seluruh rumah penduduk. 

Diunggah RRI sebelumnya, Lima warga di Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan terpapar COVID-19 klaster hajatan, kini warga di satu dusun tersebut dikarantina massal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00