Lima Warga Terpapar COVID-19 Usai Hajatan, Satu Dusun di Malang Selatan Dikarantina Massal

KBRN, Malang : Warga di Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang dikarantina massal, karena ditemukan 5 orang warga setempat terkonfirmasi positif COVID-19, usai mengikuti hajatan. Bahkan, kini akses ke luar-masuk Dusun tersebut dibatasi. 

" Iya klaster hajatan di Dusun Rowoterate itu terjadi karena ada kegiatan hajatan yang di rumah kamituwo(Kasun; red) Rowoterate pak Sih Pidekso pada tanggal 12-13 Juni lalu, " kata Plt Camat Sumbermanjing Wetan, Nurmawan Wibowo kepada RRI, Selasa (22/6/2021) pagi. 

Nurmawan menjelaskan lima warga itu diketahui Positif COVID-19 pasca keluarnya hasil Tes PCR pada Jumat (18/6/2021) lalu. Awalnya, usai kegiatan hajatan yang digelar selama dua hari itu, satu orang warga yang membantu kegiatan hajatan mengeluh sakit dan berobat ke Puskesmas setempat dengan gejala mirip COVID-19. 

"Setelah dilakukan swab antigen hasilnya positif, " terangnya. 

Sehingga dilakukan tracing terhadap sejumlah warga yang kontak erat dengan pasien positif tersebut, ada empat warga yang didapati dan di-swab juga hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19. 

" Sekarang lima warga yang positif itu  isolasi mandiri di rumah masing-masing, " tukasnya. 

Pihak Kecamatan, TNI/Polri dan Satgas COVID-19  terus melakukan upaya tracing, mencegah penyebaran virus, yaitu dengan melakukan tracing terhadap warga yang kontak erat dengan 5 orang positif tersebut. 

" Pada Minggu tanggal 20 Juni dilakukan Tes PCR terhadap 89 orang yang kontak erat dengan 5 pasien itu, tetapi hasilnya belum keluar, " urai Nurmawan. 

Sebab itu, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penyebaran virus secara luas, seluruh warga di Dusun Rowoterate diminta isolasi mandiri dan dilakukan pembatasan ke luar-masuk warga di Rowoterate hingga 14 hari ke depan. 

" Upaya ini juga mencegah agar warga luar tidak terpapar karena di Rowoterate banyak terpapar, " tandasnya. 

" Sekarang warga bisa dikatakan dikarantina massal, diminta isolasi Mandiri di rumah, tanpa melakukan kegiatan di luar rumah selama 14 hari, " sambungnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00