Perbaikan Jembatan Menuju Pantai Lenggoksono yang Putus Tunggu Kajian

KBRN, Malang : Jembatan menuju obyek wisata Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang yang terputus tergerus aliran air sungai tersumbat, menunggu hasil koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan kajian untuk perbaikan jembatan tersebut. 

" Kalau tumpukan sampah sudah kami bersihkan yang ada di bawah jembatan itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan kepada RRI, Selasa (22/6/2022). 

Sehingga aliran air di bawah jembatan Kaliwader menuju Pantai Lenggoksono sudha lancar pada saat ini. Namun untuk perbaikan fisik jembatan, kini sedang dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga. 

Tujuannya koordinasi dengan Dinas Bina Marga adalah untuk mengkaji, apakah jembatan itu diperbaiki permanen atau sementara. 

" Kami nanti akan mengkaji jembatan itu terkait volume dan lainnya, akan kita carikan solusi cukup perbaikan sementara atau permanen, " terang Bambang. 

"Setelah kami bertemu Bina Marga akan kita rumuskan untuk pembangunan kembali. Dana yang digunakan pun bisa dengan anggaran dari OPD, juga bisa menggunakan Belanjat Tidak Terduga (BTT), " sambung Bambang Istiawan. 

Sementara, Kepala Dusun Balearjo Wedi Awu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Dwi Setiyo membenarkan tumpukan sampah dan sedimentasi di bawah jembatan tengah dibersihkan. 

" Pembersihan sudah dilakukan, sekarang menunggu perbaikannya belum dikerjakan, " tuturnya. 

Namun, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Malang sudah melihat lokasi jembatan putus. Termasuk Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. 

" Dinas Bina Marga juga menurunkan alat berat untuk membersihkah sampah karena kalau manual tidak bisa, mengeruk sumbatan juga, " bebernya. 

Diunggah RRI sebelumnya, jembatan menuju ke obyek wisata Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang terputus, pasca diterjang air usai diguyur hujan deras pada Rabu (16/6/2021) malam. Tumpukan sampah di lokasi itu pemicu air menggerus pondasi jembatan hingga putus. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00