Tumpukan Sampah Pemicu Jembatan Putus Menuju Pantai Lenggoksono Malang

KBRN, Malang : Akses jalan menuju ke obyek wisata Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang terputus, pasca diterjang air usai diguyur hujan deras pada Rabu (16/6/2021) malam. Terlihat di lokasi jembatan putus itu ada tumpukan sampah, pemicu air menggerus pondasi jembatan hingga putus. 

" Tensi hujan tinggi, aliran air deras mengalir dan di bawah jembatan tersumbat sampah, jadi begini putus sekarang, " kata Kepala Dusun Balearjo Wedi Awu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Dwi Setiyo ditemui RRI di lokasi jembatan putus, Kamis (17/6/2021). 

Menurutnya, hujan deras terjadi sejak pukul 16.00-18.00 WIB air Sungai Kaliwader meluap dan mengalir deras dengan membawa sampah penduduk dan perkebunan. 

" Sampah ini ya sampah dari permukiman di Desa Purwodadi, tetapi paling banyak sampah dari perkebunan saat masyarakat bercocok tanam, potongan kayu ini terbawa air turun ke sungai, " terangnya. 

Hingga terseret arus air dan menyumbat bawah jembatan. Akibatnya, air meluap dan menggerus pondasi jembatan menuju ke obyek wisata Pantai Lenggoksono. 

Dwi menyebut jembatan itu di bangun tahun 2018 silam. Secara fisik bangunan terlihat kokoh dan baru kali ini mengalami kerusakan. 

" Jembatannya sebenarnya kokoh konstruksinya kuat, tetapi arus air yang begitu deras dan tumpukan sampah begitu banyak, air menggerus bahu jembatan, " pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00