Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Dicabut, Kini Masa Transisi

KBRN, Malang : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah mencabut status masa tanggap darurat bencana alam. Kini ditetapkan status masa transisi.

"Masa tanggap darurat sudah kita cabut sejak 7 Mei 2021 lalu, sekarang menjadi masa transisi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, Senin (10/5/2021).

Kata dia, pasca berakhirnya masa tanggap darurat bencana, pemerintah saat ini telah menetapkan menjadi masa transisi. Ia menargetkan masa transisi menuju kehidupan normal tersebut akan selesai hingga akhir tahun 2021 mendatang.

" Pada masa transisi ini segala hal yang berkaitan dengan penanganan di masa  tanggap darurat sengaja dikurangi dan berganti dengan masa rehabilitasi dan rekonstruksi menuju kehidupan normal," beber Bambang.

Menurutnya, segala hal yang berkaitan pemulihan bangunan rumah warga terdampak maupun fasilitas umum akan dicarikan solusi. Termasuk Hunian sementara yang saat ini sudah dibangun sebagian.

" Saat ini masyarakat terdampak, banyak yang menumpang di rumah tetangga maupun saudaranya, tetap kita pantau, " tegasnya.

Sehingga saat pemulihan yang menggunakan dana Pemerintah Pusat dikucurkan, mereka sudah siap.

Bambang juga menyebut kucuran bantuan dana tunggu senilai Rp 500 ribu dari BNPB, hingga saat ini Pemkab Malang masih terus melakukan inventarisasi.

"Data sementara tercatat sekitar 1.600 warga yang diajukan menerima bantuan dana tunggu, hingga sekarang kami masih terus melakukan revisi, " tandasnya.

Tujuannya agar bantuan ini tepat sasaran, karena akan ditransfer melalui rekening masyarakat itu sendiri. Ia menambahkan dalam beberapa minggu nanti, data tersebut segera diajukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00