Ratusan Porter di Stasiun Wilayah Daop 8 Dapat Bantuan Sembako

Sejumlah porter yang bertugas di stasiun mendapatkan bantuan sembako (Foto : istimewa)

KBRN, Malang : Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan volume pelanggan kereta api. Dampak pandemi tersebut juga turut dirasakan oleh para porter di stasiun yang selama ini bergantung kepada para pelanggan yang menggunakan jasanya. 

Hal itulah yang membuat PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan santunan senilai Rp 328.250.000 kepada porter stasiun di berbagai wilayah kerja KAI. Bantuan tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sembako Gratis Ramadhan Tahun 2021. 

Santunan yang diberikan berupa paket sembako gratis senilai Rp 250.000 per paket untuk 1.313 porter di berbagai stasiun kereta api. Adapun setiap paket terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instan, sarden, dan sirup.

Pembagian paket sembako dilakukan serentak di 12 wilayah kerja KAI yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember, Divre I Sumatera Utara, Divre III Palembang, dan Divre IV Tanjung Karang. 

“Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, paket sembako akan dibagikan di tiga stasiun, dengan rincian yaitu Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 55 porter, Stasiun Surabaya Pasarturi sebanyak 128 porter, dan Stasiun Malang sebanyak 15 porter. Total ada 198 Porter Stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya yang menerima bantuan ini,” kata Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya,  Heri Siswanto, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, bantuan ini merupakan bentuk perhatian PT KAI kepada Porter Stasiun yang selama ini telah membantu pelayanan kepada pelanggan KAI di stasiun.

“Porter di stasiun merupakan mitra KAI yang bertugas membantu mengangkat barang-barang bawaan pelanggan di saat keberangkatan atau kedatangan kereta api. Tidak jarang porter juga membantu pelanggan KAI terkait info perjalanan dan fasilitas yang ada di wilayah stasiun tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan pembagian sembako ini merupakan program rutin CSR KAI yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadan dalam rangka membantu pihak-pihak yang membutuhkan bantuan. 

“Semoga dengan adanya bantuan yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan membantu untuk mencukupi kebutuhan pokok para porter di tengah situasi pandemi Covid-19,” pungkas Heri. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00