Terjawab, Gorong-Gorong Jalan Amblas Penyebab Saluran Irigasi Tak Lancar hingga Air Meluber

KBRN, Malang : Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU-SDA) Kabupaten Malang bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga setempat mencari penyebab utama luberan air ke jalan raya di sisi Timur Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Kepanjen hingga mendapat koreksi dari Wakil Bupati Malang. 

" Info hasil survey itu gorong-gorong jalan yang amblas hingga buntu, " kata Kepala Dinas PU-SDA Kabupaten Malang, Aviecena kepada RRI, Sabtu (17/4/2021) 

Akibat gorong gorong jalan amblas itu, maka aliran air di saluran irigasi sekunder tidak bisa lancar yang menyebabkan luberan air ke Jalan Raya. 

" Gorong-gorong jalannya amblas, " urai Aviecena. 

Air di saluran irigasi tidak lancar dan meluber hingga terjadinya genangan air tersebut, disebabkan adanya gorong-gorong jalan yang amblas di depan pintu ke luar Stadion Kanjuruhan, yang memicu air tidak lancar mengalir hingga meluber ke jalan. 

" Sementara ini gorong gorong jalan sudah teratasi sambil menunggu penanganan lebih lanjut dari pihak terkait, " jelasnya. 

" Genangan air ini perlu koordinasi juga dengan Dinas Bina Marga, itupun jalan di situ jalan Nasional. Memang jalan itu tidak memiliki saluran drainase sehingga waktu hujan air menggenang, "beber Aviecena. 

Sementara, Aviecena menyebut upaya normalisasi saluran sekunder telah dilakukan. Dijadwalkan tuntas Minggu (18/4/2021) besok. Sembari dilakukan pengerukan, dicari penyebab utama aliran air yang tidak lancar tersebut. 

Diunggah sebelumnya, saluran irigasi buntu pemicu luberan air ke Jalan Raya di Kepanjen tengah ditangani, pasca diingatkan Wakil Bupati Malang untuk segera dicarikan solusi agar saluran irigasi sekunder yang buntu tidak meluber ke jalan raya di Kepanjen dan tidak mengganggu pasokan air ke areal pertanian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00