Cegah Narkoba, ASN Kota Malang Jalani Tes Urine

Personil Satpol-PP antri mengikuti tes urine dari BNN Kota Malang, Jum

KBRN, Malang: Upaya antisipasi terhadap penyalahgunaan pengunaan zat adiktif seperti narkoba di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan. Kali ini, Pemkot Malang menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine secara mendadak kepada ratusan ASN di lingkungan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Jumat (16/4/2021) di Gedung mini blok office Balaikota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji saat ditemui awak media mengatakan, sementara hanya diambil sampling 100 orang terlebih dahulu. Namun selanjutnya akan dilakukan untuk ASN lain.

Dipilihnya petugas Satpol PP karena mereka dianggap rawan dan seringkali melakukan penertiban kepada masyarakat, penekanannya adalah sebagai antisipasi terjelek jangan sampai terulang ada ASN Pemkot yang positif sebagai pengguna narkoba.

"Saol sanksinya jika ada yang positif law enforcement, kemudian tindakan yang sifatnya kasus dilihat tingkatannya dan yang ketiga ada tindakan rehabilitasi," ungkap Sutiaji.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Malang, Priyadi menambahkan, seluruh personil Satpol PP ada 274, kali ini diambil 100 terlebih dahulu karena jumlah alat tes urine terbatas. 

Selanjutnya akan dilakukan secara bertahap, dan tes ini tidak rencanakan sebelumnya namun ini sudah menjadi program Wali Kota.

"Hasilnya menunggu BNN tidak langsung dan diserahkan ke pak wali oleh BNN," kata Priyadi

Terkait sanksi, jika ada yang terindikasi narkoba akan ada karantina atau wajib lapor dari BNN, sedangkan dari Satpol PP akan diproses sesuai aturan

"Tetapi ini kan tindakan pencegahan, jangan sampai seperti yang sudah-sudah jadi ini pembinaan dulu lah," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00