Bea Cukai Amankan 144 Ribu Batang Rokok Ilegal di Kota Malang

Foto: Istimewa

KBRN, Malang: Sebanyak 144 ribu batang rokok ilegal diamankan petugas Bea Cukai Malang dalam operasi patuh cukai yang digelar mulai 10-30 September 2020. Barang kena cukai berupa hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai itu diamankan di sebuah gudang rokok ilegal di Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Latif Helmi, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang mengatakan, penggerebekan gudang rokok ilegal itu berawal dari adanya informasi masyarakat tentang  gudang penyimpanan rokok ilegal di Kelurahan Bumiayu pada 19 September lalu.

“Dari informasi tersebut, pada pukul 08.00 WIB petugas bergerak menuju ke lokasi target. Di lokasi, petugas mendapati ratusan ribu batang rokok ilegal mereka PAs, FAJAR, dan SBR sebanyak 7.200 bungkus,” ungkap Latif, Rabu (23/9/2020).

Dari hasil operasi tersebut, ditaksir kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 65.520.000. Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Dalam periode Operasi patuh Cukai, Bea Cukai Malang tetap fokus dalam upaya pemberantasan peredaran rokok ilegal. 

“Dengan operasi ini, diharapkan peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya terus menurun dan sesuai target dari Menteri Keuangan tahun ini untuk menekan peredaran rokok ilegal hingga 1 persen,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00