Narkoba, Dominasi Barang Bukti yang Dimusnahkan Kejari Batu

Pemusnahan Barang Bukti
Kajari Batu dan Wakil Walikota Batu Musnahkan Miras

KBRN, Batu: Kejaksaan Negeri Kota Batu memusnahkan barang bukti tindak pidana umum dan tindak pidana khusus yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Pemusnahan itu digelar halaman parkir kendaraan Kantor Kejari Batu, Selasa (22/9/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Batu, Suprayitno menjelaskan,!pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dari 67 perkara yang telah diputuskan. Narkoba menjadi barang bukti yang mendominasi dalam pemusnahan tersebut.

"Barang bukti yang kita musnahkan saat ini berasal dari 67 kasus yang telah diputuskan dan harus dimusnahkan dalam amar putusannya," jelasnya.

Pemusnahan BB itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan nilai ekonomis dari barang bukti tersebut, serta memberikan efek jera pada masyarakat bahwa tidak hanya pelaku yang dikenai tindakan hukum, namun juga barang bukti akan dimusnahkan.

"Pemusnahan ini intinya adalah menyelamatkan dari orang yang tidak bertanggung jawab, karena nilai ekonomisnya, jadi mengantisipasi terjadinya perputaran lagi di tengah masyarakat. Selain itu, hal ini menjadi tindakan tegas, bukan hanya pelaku yang ditindak tapi barang buktinya juga dimusnahkan," tegas pria yang pernah bertugas di Propinsi Gorontalo tersebut.

Untuk diketahui, terdapat 360 botol miras Cap Kuntul yang dimusnahkan dalam 1 perkara, 200 ribu pil Double L dari 7 perkara, 102 gram (bruto) sabu sabu dari 48 perkara, 67 butir Ekstasi dalam 1 perkara dan ganja seberat 900 gram dari 4 perkara yang dimusnahkan dengan digilas alat berat, dibakar serta di larutkan dengan alat mesin penghalus.

Hadir dalam pemusnahan tersebut, Wakil Walikota Batu, Ir. Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, Kepala BNN Kota Batu, AKBP, Mudawwaroh, Kasatreskrim Polres Batu, Akp Jeifson Sitorus, Kasatnarkoba Polres Batu, AKP Yussy Purwanto, Chairul Effendi, Pabung Kodim 0818 Malang-Batu, serta Rudi Hartono, Kasubsi Penyidikam Bea dan Cukai Kota Malang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00