Bandel, Satlantas Polres Pasuruan Grebek Balap Liar di Pandaan

Sejumlah kendaraan hasil razia balap liar di Depan IBC Pandaan, Minggu (15/05/2022) dini hari

KBRN, Pasuruan : Meski sudah diperingatkan, aksi balap liar yang dilakukan para remaja di Kabupaten Pasuruan, masih saja ditemukan.

Sebagai buktinya, jajaran Satlantas Polres Pasuruan baru saja merazia anak-anak muda yang melakukan aksi balap liar di sepanjang jalan depan RM IBC Pandaan, Minggu (15/5/2022) dini hari.

Dalam razia tersebut, Satlantas menerjunkan Tim Turjawali yang beranggotakan belasan personel.

Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugrah Putra mengatakan, masih ditemukannya balap liar tak lain karena masih kurangnya kesadaran akan resiko yang terjadi apabila masih terus dilakukan. 

"Banyak yang belum sadar akan bahaya yang dihadapi ketika mereka melakukan balap liar," kaya Yudhi di sela-sela razia. 

Selain kurangnya kesadaran, penyebab masih adanya sejumlah aksi balap liar di Kabupaten Pasuruan lantaran faktor lingkungan. Dalam artian ada semacam komunitas kecil yang dibentuk anak-anak muda untuk menyalurkan  keinginan "balap liar" nya.

"Kalau kayak balap ini ya kumpulan anak-anak muda dalam komunitas kecil. Mereka kemudian langsung bergerak menuju satu tempat untuk beraksi tanpa memperdulikan himbauan kepolisian,"!tegasnya.

Ditegaskan Kasat Yudi, pihaknya sebelumnya sudah menggelar razia serupa. Hanya saja, untuk kali ini para remaja memilih melakukan aksinya di saat orang sedang enak-enaknya istirahat, yakni sekitar pukul 01.30. 

Akibatnya, banyak masyarakat yang resah sehingga mereka melapor ke polisi.

"Langsung kita gerebek secara spontanitas. Dan hasilnya, ada banyak yang kita amankan," singkatnya.

Dari hasil razia, polisi mengamankan 12 sepeda motor tanpa dilengkapi surat kendaraan. Kata Yudhi, belasan motor tersebut dirampas dari remaja yang kebanyakan berdomisili di Kecamatan Sukorejo.

"Kebanyakan dari Sukorejo. Kita amankan dan langsung kita angkut ke Mapolres Pasuruan," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar