Bea Cukai Malang Kembali Gagalkan Pengiriman Jutaan Batang Rokok Ilegal

KBRN, Malang : Bea Cukai Malang kembali menggagalkan peredaran jutaan batang rokok ilegal yang hendak dikirim ke wilayah luar Malang. Upaya tersebut dilakukan petugas setelah mendapatkan informasi terkait adanya pengiriman rokok ilegal yang menuju ke arah Blitar pada Jumat (14/1/2022) dini hari.

“Tim intelejen kami mendapat informasi bahwa ada pengiriman rokok ilegal dengan menggunakan mobil barang jenis truk berwarna kuning yang menuju kea rah Blitar, tim penindakan bersama dengan tim intelijen Kantor Bea Cukai Malang melakukan penyusuran pada jalur distribusi sebagaimana dimaksud,” kata Kepala Bea Cukai Malang, Gunawan Tri Wibowo, Sabtu (15/1/2022).

Petugas menemukan sarana pengangkut yang dimaksud dan melakukan pengejaran tepatnya di Jalan Raya Pakisaji, Jatirejo, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Tim Bea Cukai Malang menghentikan truk pembawa rokok ilegal tersebut.

“Setelah menunjukkan surat perintah kepada sopir truk, tim kemudian melakukan pemeriksaan terhadap sarana pengangkut tersebut. Dari hasil pemeriksaan tim berhasil mengamankan Barang Kena Cukai Hasil Tembakau jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) batangan sebanyak 40 karton, dimana setiap karton berisi 29.500 batang atau setara total 1.180.000 batang rokok ilegal,” ungkapnya. 

Dari hasil operasi tersebut, ditaksir kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 708 juta. Selanjutnya tim membawa pengemudi, sarana pengangkut dan barang diatasnya ke Kantor Bea Cukai Malang untuk dilakukan proses lebih lanjut. 

“Dengan upaya aktif ini diharapkan peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya terus menurun dan dihimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli dan mengkonsumsi rokok ilegal,” tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar