Jawab Tantangan Pendidikan di Era Milennial, Begini Pesan Kajari Batu dalam Perspektif Hukum

KBRN, Batu : Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu, Dr Supriyanto di Kota Batu mengatakan pendidikan adalah kunci peradaban dunia, maka untuk menguasai dunia harus memiliki sistem pendidikan yang baik.

"Ada adagium, seperti untuk menghancurkan sebuah negara maka hancurkanlah anak mudanya, dan untuk menghancurkan anak muda maka hancurkanlah murid dan gurunya dan untuk menghancurkan murid dan guru maka hancurkanlah sistem pendidikannya," jelasnya, Rabu (1/12/2021).

Pria yang pernah bertugas di Gorontalo itu menambahkan, perlu penguatan sistem pendidikan yang ditanamkan oleh Ki Hajar Dewantoro, dengan berbagai filsafat pendidikannya.

"Pendidikan merupakan kawah condro dimuko bagi para anak bangsa untuk dicetak sebagai calon pemimpin bangsa dan profesi profesi lainnya, maka harus benar-benar bisa menjadi sarana mendidik. Sehingga akan terisi jiwa, karakter yang baik dan berintegritas serta berbagai ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya dan masyarakat," imbuhnya.

Pesan orang nomer satu di Kejari Batu itu disampaikan secara virtual dalam acara sarasehan dengan tema "Menjawab Tantangan Pendidikan di Era Milenial" yang diikuti oleh sekitar 70  orang secara ofline anggota PGR dan sekitar 250 orang secara online.

Tantangan di era milenial, dimana teknologi informasi sangat mempengaruhi budaya bangsa yang berpengaruh dalam sistem pendidikan.

"Maka harus bisa mengikuti perkembangan global tersebut, namun tetap menjaga budi pekertinya, sehingga dalam kondisi apapun tetap terjaga integritas dan kesadaran hukumnya," pesannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar