Polresta Malang Kota Ciduk Pelaku Penipuan Properti di Buring Senilai Rp 1,25 M

KBRN, Malang : Seorang pria berinsial PA kini harus mendekam di jeruji besi tahanan Polresta Malang Kota. Pria berusia 34 tahun ini diduga melakukan penipuan properti pada korbannya dengan kerugian mencapai Rp 1,25 miliar.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, pelaku berhasil ditangkap tim Satreskrim Polresta Malang Kota pada Minggu (1/8/2021) kemarin setelah melarikan diri di Bandung, Jawa Barat.

“Modusnya, pelaku mengajak korban untuk bekerjasama dalam proyek properti di kawasan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Korban setuju untuk investasi, kemudian korban transfer senilai Rp 1,25 miliar sebanyak empat kali,” katanya, Senin (2/8/2021).

Setelah korban berinvestasi, ternyata tak kunjung ada kepastian realisasi proyek, korban merasa curiga. Ketika korban mencoba mengubungi pelaku, tak ada respon. Sehingga korban memutuskan untuk melaporkan ke polisi. 

“Korban menyampaikan laporan ke polisi pada Februari 2021. Masih ada kemungkinan korban lain. Jika ada pihak-pihak yang merasa menjadi korban bisa segera melapor pada kami,” tuturnya.

Penetapan tersangka ini berdasarkan keterangan lima saksi dan barang bukti transfer korban pada pelaku. Selama ini, hubungan antara korban dan pelaku adalah rekan bisnis. Korban percaya karena dijanjikan mendapatkan keuntungan 50 persen dari nilai investsi. 

“Uang yang didapatkan dari korban digunakan tersangka  untuk kebutuhan pribadi dan yang lainnya. Tetapi kami juga masih analisis aliran dananya pada pihak-pihak lain yang menikmati uang ini,” ungkap pria yang kerap disapa BuHer ini. 

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 378 jo 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00