Diduga Korupsi Ratusan Juta, Kejari Batu Tangkap Bendahara Desa Bulukerto

KBRN, Batu: Bendahara Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, berinisial FP ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu. Ia diduga melakukan tindak pidana korupsi dana pengelolaan dan pendapatan belanja desa tahun anggaran 2020 senilai ratusan juta rupiah.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batu, Dr Supriyanto SH ,MH, mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan tindakan penyidikan dugaan tindak pindana korupsi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2020 di Desa  Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

“Tim penyidik tengah melakukan penyelidikan dan melakukan pemeriksaan para saksi, kemudian juga mengumpulkan alat bukti berupa surat maupun barang bukti, dan juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengumpulkan alat bukti atas dugaan tindak pidana korupsi yang dimaksud,” jelasnya, Jumat (16/4/2021).

Dalam pengembangannya dari hasil pemeriksaan pada 30 saksi, maka telah ditemukan adanya dugaan peristiwa tindakan korupsi dengan kerugian negara sebesar Rp 338.609.582.

“Tersangka diduga menjadi orang yang paling bertanggung jawab dalam dugaan penyimpangan, FP melanggar pasal 2 ayat 1 UUD no 31 tahun 99 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah UUD tahun 2020/2021atau juga pasal 3  UUD no 31 tahun 99  tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana dirubah UUD tahun 2020/2021,” tegasnya.

Untuk memperlancar proses penyelesaian perkara itu tim penyidik telah melakukan tindakan penahanan, dikarenakan Kota Batu belum memiliki Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maka tersangka saat ini dititipkan Lapas Lowokwaru Kota Malang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00