Musim Penghujan Tiba, Harga Cabai dan Bawang Merah Meroket

KBRN, Malang: Musim penghujan yang mulai dirasakan sejak bulan Oktober ini berdampak pada ketersediaan sejumlah komoditi kebutuhan bumbu dapur. Jika selama beberapa pekan harga cabai dan bawang stabil, namun kini mulai merangkak naik. Di Pasar Besar Malang, harga kedua komoditas itu naik sejak sepekan terakhir.

Agus Salam, salah seorang pedagang di Pasar Besar Malang mengungkapkan, dua komoditi yang terdampak akibat musim penghujan adalah cabai merah besar dan bawang merah. “Cabai merah besar harganya naik dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram sekarang jadi Rp 38 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah naik dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 36 ribu per kilogram,” katanya, Senin (12/10/2020). 

Menurutnya, kenaikan harga bawang merah dan cabai merah besar akibat minimnya stok. Sebab saat musim penghujan, petani tidak bisa panen bawang merah. “Pasokan berkurang karena hujan, bawang merah kan tidak bisa dipanen kalau musim hujan. Saat ini hanya dapat pasokan dari Probolinggo, daerah lain sudah tidak ada kiriman, ungkap Agus. 

Sementara untuk komoditi lainnya seperti bawang putih dan cabai rawit masih cenderung stabil. Untuk cabai rawit dibanderol Rp 16 ribu sampai Rp 18 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih dibanderol Rp 20 ribu sampai dengan Rp 22 ribu per kilogram. “Lainnya terpantau masih stabil,” tutur dia. 

Kendati begitu, Agus mengungkapkan jika kenaiakn harga tersebut tidak begitu terpengaruh dengan omsetnya. Pasalnya, daya beli masyarakat saat ini masih cenderung lesu akibat pandemi Covid-19. Sejak pandemi, omset pedagang rata-rata menurun hingga 50 persen. “Permintaan konsumen tidak terlalu banyak, kondisi pasar masih sepi,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00