Kaum Milenial Dominasi Realisasi Penyaluran Rumah Bersubsidi

KBRN, Malang : Kaum milenial dengan usia di bawah 35 tahun mendominasi realisasi penyaluran rumah bersubsidi yang KPR-nya dibiayai oleh Bank Tabungan Negara (BTN).

"Sejak 2012 sampai dengan sekarang KPR disalurkan untuk 120.000 unit, sebagian besar didominasi segmen milenial berusia di bawah 35 tahun," ujar Sharia Business Division Head Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN Alex Sofjan Noor, Sabtu (29/08/2020).

Menurut dia, dalam periode 2012 sampai dengan Juni 2020, sekitar 75 persen dari total realisasi UUS BTN berasal dari generasi milenial sebesar 92.747 unit. "Segmen portofolio milenial 75 persen dari total portofolio BTN," ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, ini suatu harapan besar bagaimana mengubah pola pikir generasi milenial yang cenderung lebih mengutamakan gaya hidup. Alex menambahkan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19, penyaluran dana Fasilitas Lukuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) masih tumbuh sekitar 7 persen. Bahkan untuk penyaluran KPR rumah nonsubsidi tumbuh 12 persen pada masa Covid-19.

"Kesimpulannya, perumahan cukup kuat di market. Rumah dianggap sebagai kebutuhan pokok oleh masyarakat khususnya milenial," tutur Alex.

Ia menyampaikan bahwa generasi milenial memiliki preferensi tersendiri dalam berbagai hal termasuk dalam memiliki tempat tinggal. Mereka menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan kantor, cenderung menyukai kawasan yang menjanjikan untuk berinvestasi properti, dan angsuran kredit rumah yang fleksibel.

"Milenial juga menginginkan KPR dengan tenor yang panjang, dan proses pembiayaan yang cepat dan ringkas saat ingin memiliki hunian pribadi," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00