Bupati Lumajang Sebut Porprov Jatim Tingkatkan Sektor Ekonomi

KBRN, Lumajang : Ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII 2022 yang diselenggarakan di empat kabupaten, yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang, memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat setempat. 

Bupati Lumajang H Thoriqul Haq mengatakan, penyelenggaran venue Porprov Jatim VII 2022 di Kabupaten Lumajang telah memberikan dampak recovery ekonomi masyarakat, yang mana bersamaan dengan terkendalinya Covid-19. Sehingga dengan diperbolehkan tidak menggunakan masker tempat umum, maka ajang olahraga Provinsi Jatim digelar. Dengan begitu, masyarakat kini banyak pilihan terhadap akses ekonomi.

“Selama Pandemi Covid-19, masyarakat menjual makanan tidak tiba-tiba recovery. Karena banyak hutang dan tidak bisa membayar kredit. Namun setelah Pemerintah Pusat melonggarkan PPKM, maka perputaran ekonomi atau perputaran uang lebih cepat, dan bisa mencapai 100 persen lebih," terang pria yang akrab disapa Gus Thoriq, Sabtu (2/7/2022). 

Selain itu, dampak berikutnya dengan digelarnya Porprov Jatim VII Jatim, maka Kabupaten Lumajang akan mempercepat infrastruktur sarana olahraga, salah satunya membangun sirkuit BMX Cross yang berstandar nasional, dan membangun sarana olahraga lainnya untuk menunjang pembinaan atlet. Dan saat ini Stadion Semeru Lumajang sudah memiliki lampu LED, tribun penonton dan rumput lapangan sudah dibenahi.

Karena sebelumnya, ditegaskan Bupati Lumajang, tidak pernah terpikirkan, bahwa Gunung Wayang bisa digunakan sebagai tempat olahraga paralayang. Sehingga dengan adanya Gunung Wayang sebagai venue paralayang di Porprov VII Jatim, maka selanjutnya tempat tersebut juga akan dipadukan dengan tempat wisata. Dan Kabupaten Lumajang juga sudah memiliki arena olahraga sepatu roda berstandar nasional di Gunung Tambun, Kecamatan Pasirian, yang mana juga akan dipadukan sebagai tempat wisata.

“Kami berharap nanti kedua tempat olahraga itu, nantinya tidak sebagai tempat olahraga saja, tapi juga sebagai sarana tempat wisata,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar