Terus Naik, Kini Harga Cabai Rawit di Kota Blitar Tembus Rp 65 Ribu per Kilogram

KBRN, Blitar : Harga komoditas cabai rawit yang dijual di Pasar Tradisional yang ada di Kota Blitar terpantau terus mengalami kenaikan sejak seminggu yang lalu. Bahkan, per Selasa (31/5/2022) hari ini, harga cabai rawit di Kota Blitar tembus Rp 65 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pedagang yang ada di Pasar Pon Kota Blitar bernama Sul Khotimah mengatakan, sebelumnya kemarin harga cabai rawit per kilogramnya masih dalam kisaran Rp 60 ribu per kilogram. Ia menyebut, sejak sepekan yang lalu per harinya terjadi kenaikan harga cabai senilai Rp 5 ribu. Menurut dia, kenaikan harga cabai rawit karena sudah banyak petani yang tidak panen karena diserang hama, kemudian stoknya tidak melimpah.

"Iya tadi pagi harganya Rp65.000 ribu, kemarin itu masih Rp60.000 ribu. Ya karena sudah ngga ada petani yang panen dalam jumlah besar, jadi stoknya juga nggak melimpah, jadi harganya sekarang mahal," ucapnya.

Hal serupa diungkapkan pedagang di Pasar Legi Kota Blitar bernama Sujiati. Ia menyebut, harga cabai rawit mulai mengalami kenaikan sejak pasca Lebaran atau sekitar 10 hari terakhir ini. Dimana, sebelumnya, harga cabai rawit masih pada kisaran Rp20.000 per kilogram sampai Rp25.000 per kilogram, dan secara bertahap terus mengalami kenaikan hingga tembus Rp65.000 per kilogramnya.

"Tiap hari itu ada kenaikan Rp5000 per kilogramnya, ini terjadi usai lebaran kemarin dan setiap hari secara bertahap terus mengalami kenaikan," ujarnya.

Sekedar diketahui, harga cabai keriting sekarang Rp 44.000 per kilogram dan harga cabai merah besar Rp 56.000 per kilogram.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar