BI Malang: Penukaran Uang Baru Serentak 3 Mei

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Malang Indra Gunawan, saat memberikan keterangan ke media tentang penukaran uang baru , Minggu (18/4/2021)

KBRN Malang : Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Malang tahun ini telah menyediakan uang tunai pecahan baru sebesar Rp 4,511 triliun. 

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Malang Indra Gunawan mengatakan untuk mempermudah masyarakat melakukan penukaran uang pecahan baru, BI telah bekerja sama dengan pihak perbankan dan BPR yang tersebar di wilayah kerja BI.

"Yaitu, di wilayah Kota/ Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota/ Kabupaten Pasuruan dan Kota/Kabupaten Probolinggo, " beber Indra Gunawan kepada RRI, Minggu (18/4/2021). 

Ia menjelaskan ada 84 titik loket penukaran di Bank dan 34 loket titik penukaran di BPR yang tersebar di wilayah kerja BI.

" Kami akan supply kebutuhan uang berdasarkan kebutuhan masyarakat jadi jangan khawatir kami akan memenuhi kebutuhan uang kecil ini," kata Indra. 

Untuk kelancaran penukaran ini, BI telah mendistribusikan uang pecahan baru itu sejak 10 Maret lalu, dan akan dibuka secara serentak pada tanggal 3 dan 11 Mei 2021 mendatang. 

" Harapan kami, semua kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi karena di tanggal tersebut diperkirakan masyarakat yang sudah menerima THR, " terang dia. 

Ia mengakui pada tahun 2021 ini untuk penukaran, jumlahnya meningkat 46,81 persen jika dibandingkan tahun 2020, yaitu 30,72.

Sementara, untuk nominal penukaran yang  disyaratkan BI Rp 3,7 juta untuk masing-masing penukar. Akan tetapi terkait jumlah tersebut, pihaknya menyerahkan ke loket perbankan dan tergantung stok yg ada di perbankan namun jika kurang BI akan menambah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00