Usai Disahkan, Kemenaker Siapkan 4 Aturan Turunan UU Ciptaker

KBRN, Malang: Usai disahkannya UU Ciptaker oleh DPR, membuat Pemerintah tengah menyiapkan empat Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai aturan turunan atas Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja), sehingga dapat segera dilaksanakan.

Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah menjelaskan,  pihaknya kini sedang menyiapkan empat aturan turunan tersebut yang dibahas bersama Forum Tripartit Nasional. 

"Ada empat peraturan pemerintah yang disiapkan. Empat RPP tersebut, nantinya mengatur hal-hal yang diperintahkan, mengatur TKA, waktu istirahat, hubungan kerja dan pesangon, Kami telah mengundang Forum Tripartit Nasional untuk memberikan masukan dan RPP tersebut," jelasnya, Jumat (23/10/2020).

Dalam Forum Tripartit Nasional sendiri diisi oleh para Serikat Buruh/Pekerja dan Pengusaha, selain itu Kemenaker juga bersiap untuk melakukan sosialisasi bersama dengan Kepala Dinas Propinsi yang berkaitan dengan Ketenagakerjaan untuk memberikan masukan.

"Kami juga mengajak Kepala Dinas Ketenagakerjaan Propinsi untuk mengisi dan mendialogkan RPP tersebut," tambahnya.

UU Cipta Kerja ini tidak hanya memikirkan mereka yang bekerja saja, tetapi juga memberikan ruang bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, sehingga haknya sama di dalam UU, termasuk memberikan kepastian bagi mereka yang bekerja.

Disinggung mengenai banyaknya demo penolakan UU Ciptaker oleh Mahasiswa dan Buruh/Pekerja, Dirinya sangat menghargai unjuk rasa yang dilakukan terkait dengan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja tersebut, karena setiap warga negara bisa menyampaikan aspirasi dan pendapatnya. Namun, ia tetap mengingatkan bahwa saat ini masih pandemi Covid-19.

"Patuhi protokol kesehatan dan jangan anarkis, jika dirasa UU Cipta Kerja itu belum seaspiratif yang diinginkan, maka pemerintah membuka ruang melalui RPP," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00