Perkuat Ketahanan Informasi di tengah Pandemi Covid-19, Dosen UB Buat Website di Sekolah Madrasah

KBRN,Malang: Dosen Pusat MPK Universitas Brawijaya (UB) Malang membuat website sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs)  Nurul Huda, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tujuannya untuk mendukung dan memperkuat ketahanan informasi dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah pada masa pandemi Coronavirus diseas 2019 (Covid-19).

Dosen Pusat MPK UB, Siti Rohmah, Kamis (13/8/2020) mengatakan, di era pandemic covid-19 yang datang begitu cepat ini, hampir tidak ada dimensi kehidupan manusia yang tidak terdampak. Bahkan, setelah pemerintah mengumumkan adanya penyebaran Covid-19 di awal Maret lalu, yang akhirnya dilanjutkan dengan rentetan kebijakan semisal PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dan menutup tempat-tempat publik hingga sekolah-sekolah ikut diliburkan.

" Sekolah tidak bisa terus menerus diliburkan, maka satu-satunya jalan yang ditempuh adalah pembelajaran melalui daring (dalam jaringan)," ungkap Siti Rohmah. 

Menurutnya, saat proses belajar-mengajar dilaksanakan secara daring, kondisi ini justru menambah masalah baru bagi guru dan siswa. Sebab itu, Dosen MPK UB berinisiasi membuat website di sekolah itu.

Sementara,Millatuz Zakiyah anggota lain dalam pengabdian masyarakat itu juga mengatakan, beberapa problem yang muncul dari pembelajaran adalah metode pembelajaran, baik pada proses hingga evaluasi, di tambah masalah kuota dan jaringan internet, hingga kegagapan para guru dalam memberikan pembelajaran secara daring.

" Belum lagi jika dihadapkan pada masalah belum tersedianya media pembelajaran yang mumpuni untuk bisa dimanfaatkan secara bersama," terangnya.

Ia menilai, kondisi yang cukup memprihatinkan bagi para guru dan siswa ini, khususnya di Mts Nurul Huda Dau Kabupaten Malang, membuat sekelompok dosen Pusat MPK UB melakukan pengabdian masyarakat dengan membuatkan jaringan informasi dan domainnya berupa website sekolah. 

Website sekolah ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mengunggah segala macam informasi sekolah dan dapat dikembangkan pula sebagai media pembelajaran (e-learning).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Pengabdian Masyarakat, Albar Hasibuan menegaskan, pemanfaatan website sekolah ini dapat dilakukan secara bertahap. 

" Pengabdian yang kami berikan baru sebatas pembuatan website dan tentu pembelian domainnya selama setahun ke depan," urainya.

Harapannya, website sekolah ini akan lebih banyak dimanfaatkan secara maksimal karena sekolah sendiri sudah mempunyai jaringan internet.

Terpisah, Kepala MTs Nurul Huda, Ahmad Achyat mengapresiasi dan menyambut baik kontribusi yang diberikan oleh sekelompok dosen Pusat MPK UB tersebut. 

"Pembuatan website ini juga sangat membantu dalam memberikan informasi mengenai sekolah kepada masyarakat luas," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00