Satgas Covid Kota Batu Izinkan SD Gunungsari 04 Belajar Secara Tatap Muka

KBRN, Batu: Gugus tugas Covid-19 Kota Batu melalui tim teknis yang diketuai oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu memberikan rekomendasi adanya perlakuan khusus bagi kegiatan pembelajaran tatap muka SDN 04 Gunungsari. Hal ini terkait dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka yang sempat dihentikan oleh Satgas Covid Kota Batu, karena Kota Wisata tersebut kembali masuk ke dalam status zona merah di Provinsi Jawa Timur.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, M. Chori mengatakan, pelaksanaan KBM tatap muka di SDN Gunungsari 04 akan tetap dipantau dan diawasi oleh pengawas sekolah maupun Dinas Pendidikan Kota Batu. Kebijakan khusus tersebut hanya diberlakukan untuk SDN 04 Gunungsari dan tidak untuk sekolah yang lain di Kota Batu, Senin (3/8/2020).

"Banyak pertimbangan terkait pelaksanaan KBM di Gunungsari 04, seperti kondisi topografi, jaringan internet,  jumlah siswa dan persetujuan Wali Murid serta komite sekolah, namun kegiatan KBM harus sesuai protokol kesehatan penanganan covid, tapi keputusan itu hanya berlaku untuk SD itu saja, tidak untuk sekolah dasar lain," terangnya.

Sebelumnya, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menyatakan, KBM secara tatap muka di SD Gunungsari 04, terkendala dengan jaringan internet yang belum menjangkau daerah tersebut, dikarenakan letak dari SD tersebut yang berada pada sisi geografis pegunungan, dimana Kota Batu sendiri secara topografi berada di daerah perbukitan.

"Kota Batu ini berada di daerah gunung dan lembah, sehingga memang agak sulit kalo urusan jaringan internet, KBM di sana (SD Gunungsari 04) dilakukan secara tatap muka, karena terkendala internet, nanti akan ada solusi untuk sekolah tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Gunungsari 04, Bumiaji, Kota Batu, Drs. Indaryanto, menuturkan alsan terkait SD tersebut melaksanakan KBM secara tatap muka, diantaranya Jaringan Internet dan adanya persetujuan dari Komite Sekolah, namun alasan utamanya adalah ketidak tersediaan jaringan internet di daerah tersebut.

"Sekolah lain mungkin dengan mudah melakukan pembelajaran secara daring atau melalui online, tapi disini, jangankan internet jaringan TV saja juga susah," ujarnya.

Lokasi SDN Gunungsari 04 sendiri berada di Dusun Brau, yang secara topografi berada di sebuah lembah di kawasan pegunungan Kota Batu. Di dusun ini tidak ada sinyal internet, sehingga untuk mencegah ketertinggalan pelajaran lebih jauh, pihak sekolah memutuskan menyelenggarakan KBM tatap muka.

Sebagai sekolah yang berada di lembah pegunungan, tak banyak murid yang bersekolah di SDN Gunungsari 04. Dari semua kelas yang ada, mulai kelas 1 sampai kelas 6, total hanya ada 44 siswa saja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00