PPDB Jalur Zonasi Kota Malang Bermasalah, Ini Kata Dinas Pendidikan

Walimurid memadati kantor Dinas Pendidikan Kota Malang akibat proses PPDB sempat bermasalah

KBRN, Malang: Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP online di Kota Malang sempat bermasalah. Akibatnya, ratusan walimurid mendatangi kantor dindik di Jalan Veteran Kota Malang, Selasa (2/6/2020). Bahkan mereka berdesakan mengabaikan protokol pencegahan Covid-19. Walimurid kesulitan mengakses website ppdb.malangkota.go.id. 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang, Totok Kasianto meminta walimurid mendatangi sekolah masing-masing jika merasa kesulitan melakukan pendaftaran secara online. 

“Harusnya daftar online, tetapi kalau kesulitan sekolah siap membantu walimurid. Jadi tidak perlu berbondong-bondong datang ke kantor dindik,” ungkap Totok.

Ia mengaku jika saat ini website PPDB untuk jalur zonasi ini sudah kembali normal. Menurutnya, ada beberapa walimurid yang memang merasa tidak puas jika tidak mendaftar secara langsung. 

“Memang tadi (Webnya, red) sempat tidak bisa, tetapi sekarang sudah bisa. Sekarang dilayani oleh masing-masing sekolah,” katanya.

Totok menjelaskan, untuk jalur zonasi ini, NIK dalam kartu keluarga menjadi persyaratan utama. Sebab, jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah merupakan dasar penerimaan siswa dalam jalur zonasi. Buktinya lewat surat domisili ataupun kartu keluarga.

“Kalau memasukkan NIK melalui website PPDB, akan otomatis terekam alamatnya. Untuk itu kita kerjasama dengan Dispendukcapil, karena mereka yang mengetahui rekam jejak alamat siswa yang bersangkutan,” tutur Totok.

 Dikarenakan proses PPDB jalur zonasi sempat bermasalah di hari pertama, maka proses PPDB zonasi tingkat SD dan SMP di Kota Malang pun diperpanjang satu hari. Jika sebelumnya proses tersebut dibuka pada 2-4 Juni 2020, kini diperpanjang hingga 5 Juni 2020. 

“Kalau ada kesulitan, biar kepala sekolah yang berkonsultasi dengan panitia PPDB di dindik,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00