Ratusan Mahasiswa Direkrut Jadi Relawan Pajak

KBRN, Malang: Sebanyak 402 relawan pajak direkrut oleh Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Relawan itu merupakan mahasiswa yang berasal dari 10 perguruan tinggi yang tersebar dari wilayah Kediri hingga Banyuwangi.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Timur III, Eko Budihartono mengatakan, relawan pajak yang dikukuhkan merupakan hasil proses Open Recruitment yang telah dilaksanakan oleh 10 Tax Center dari berbagai kampus. 

Yakni Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malanh, Universitas Islam Malang, Universitas 17 Agustus Banyuwangi, Universitas Jember, STIE Mandala Jember, Politeknik PKSDU Kediri, dan Universitas Islam Kadiri Kediri.

“Relawan Pajak terpilih telah berhasil memenuhi kualifikasi dari Tax Center, baik secara tertulis maupun wawancara langsung,” ujar Eko, Rabu (26/2/2020).

Menurutnya, kerjasama Direktorat Jenderal Pajak dengan Tax Center merupakan salah satu sinergi untuk mewujudkan kesadaran pajak, khususnya bagi generasi muda agar tercipta generasi sadar pajak di masa yang akan datang.

“Para generasi muda ini membantu petugas pajak melayani masyarakat dalam menjalankan kewajiban perpajakannya. Juga membantu memberikan sosialisasi pada masyarakat, khususnya terkait penyampaian SPT,” katanya. 

Hal serupa diungkapkan Kepala Kanwil DJP Jatim III, Agustin Vita Avantin. Pihaknya berharap, dengan adanya program Relawan Pajak ini, diharapakan dapat memberikan ilmu pengetahuan serta pengalaman seputar ilmu perpajakan khususnya pelaporan SPT Tahunan.

“Pengalaman berharga akan menambah wawasan para Relawan Pajak dan berguna bagi masa depan mereka. Kalau yang mengedukasi pajak dari pegawai DJP itu sudah biasa, tapi kalau yang mengedukasi dari Relawan Pajak itu Keren!”, tambah Vita.

Program Relawan Pajak akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya dan diharapkan dapat menambah minat generasi penerus bangsa dalam menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pajak bagi pembangunan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00