Kembangkan Potensi Kopi Probolinggo, Dosen UB Gandeng BUMDES

KBRN, Malang : Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Strategis (PKMS) Universitas Brawijaya (UB) menyasar warga di sejumlah daerah untuk membantu meningkatan keilmuan dan pengetahuan. Salah satunya BUMDES Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo demi mengembangkan produk kopi yang merupakan komoditas lokal daerah tersebut.

Salah seorang anggota tim, Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST. MT. mengungkapkan, meskipun Kopi merupakan komoditas lokal, namun hingga saat ini BUMDES tidak pernah melakukan produksi sendiri. Pasalnya, selama ini produk kopinya yang melimpah dijual dalam bentuk mentah dan kering saja. 

“Ada beberapa produksi kopi bubuk tapi dari luar. BUMDES belum berani mengeluarkan produk aslinya. Itu yang kita dorong. BUMDES mewakili desa harapannya bisa mengenalkan produk Kopi keluar, bisa buat desain merek dagang sendiri dan bahkan bisa menusplay hingga ke Nusantara,” kata Endra, Jumat (12/8/2022).

Oleh karena itu, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan, tim PKMS melakukan pembinaan dengan pembekalan materi, antara lain Materi Motivasi Kewirausahaan, Organisasi Industri oleh Drs. Alamsyah M. Juwono, Msc., Ph.D. (FMIPA), materi perumusan segmentasi pasar, target pasar, positioning, serta Bisnis Model Canvas oleh Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST. MT. (FT), materi branding dan pasar Kopi oleh Febriananda Faizal, SP., MP. (Fpertanian)., materi Manajemen Keuangan Usaha BUMDES oleh Mirna Amirya, SE., MSA., Ph.D., Ak., CA., (FEB), serta Digital marketing disampaikan oleh tim mahasiswa.  

“Pengurus BUMDES mendapatkan materi secara teoritik dan praktik setelahnya, aktivitas selama bulan berikutnya adalah pendampingan dalam mempraktikan materi tersebut,” tuturnya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini, ditargetkan pada bulan September mendatang BUMDES sudah memiliki beberapa akun usaha di market place maupun media sosial seperti di IG dan FB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar