Ribuan Warga Antusias Sambut Karnaval 1000 Bantengan Nuswantara

Parade 1000 Bantengan di Kota Batu

KBRN, Batu : Gelaran Bantengan Nuswantara di Kota Batu, dibanjiri Masyarakat hingga Wisatawan. Antusias itu terlihat di Sepanjang pinggir Jalan Panglima Sudirman. 

Satu demi satu Grup Bantengan yang berpartisipasi pada "Karnaval 1000 Banteng" menunjukkan aksinya dimulai dari Galeri Raos hingga Balai Kota Among Tani.

"Ini wujud partisipasi kami untuk melestarikan kesenian tradisional supaya anak-anak muda ini tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif, para pendahulu-pendahulu kita juga sudah mendirikan paguyuban ini sejak 1962," ujarnya, Minggu (7/8/2022).

Sebelumnya, Anggota Dewan Kesenian Kota Batu (DKKB), Muhammad Anwar menjelaskan, gelaran karnaval seni budaya tradisi 1.000 bantengan dalam peringatan 14 tahun Bantengan Nuswantara mengambil tema 'Sambung Roso Sambung Tresno' yang berarti hajatan tersebut digelar oleh semua elemen masyarakat Batu yang peduli pada pemajuan kebudayaan, bersinergi dengan unsur pemerintahan, TNI dan Polri untuk masyarakat Nusantara. 

"Kegiatan ini akan diikuti oleh 50 grup bantengan dari Malang Raya dengan masing-masing grup terdiri dari 30 orang sehingga total 1500 peserta, selain seniman bantengan Malang Raya, Pada kegiatan tersebut juga dihadiri peserta penari dan musisi dari beberapa daerah serta luar negeri dengan menampilkan performance art," jelasnya.

Hadirnya gelaran ini seolah menjadi oase bagi seniman bantengan dan pelaku seni yang harus menunda aksi tersebut karena pandemi Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar