PPDB SMAN Masuki Tahap Daftar Ulang, Siswa Antusias

Sejumlah wali murid melakukan daftar ulang di SMAN 4 Malang
Siswa melakukan daftar ulang di SMAN 1 Malang

KBRN, Malang : Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMAN kini telah memasuki tahapan pendaftaran ulang. Siswa dan wali murid diberikan kesempatan untuk melakukan daftar ulang di sekolah selama dua hari yakni 7-8 Juli 2022. Siswa yang sudah dinyatakan diterima melalui pendaftaran secara online pun antusias melakukan daftar ulang secara offline di sekolah masing-masing.

Salah satunya adalah Safira Zalfa yang diterima di SMAN 1 Malang. Ia melakukan daftar ulang bersama ayahnya, Maulana melalui jalur afirmasi. Ia mengaku senang bisa diterima di SMAN 1 Malang. 

"Saya senang bisa diterima disini karena sekolahnya bagus, sejak SMP memang ingin sekolah disini," kata Safira saat ditemui RRI di sela pendaftaran ulang, Kamis (7/7/2022).

Sebelum diterima di sekolah kawasan Jalan Tugu ini, Safira mendaftar melalui jalur online, kemudian ada tim dari sekolah yang melakukan survei ke rumahnya yang berada di kawasan Polehan. 

"Dulu disurvei kondisi rumah, juga pekerjaan ayah saya. Kemudian ada pengumuman kalau diterima (sekolah) disini," tuturnya.

Usai daftar ulang, ia mendapatkan paket kain seragam, jas almamater dan topi sekolah. 

"Saat daftar ulang bayar Rp 1,6 juta untuk biaya seragam sekolah, seragam olahraga, dan jas almamater," ungkap Maulana, orang tua Safira.

Hal serupa juga dialami Pinky Regita, siswa yang diterima di SMAN 4 Malang. Ia mendaftar di sekolah tersebut melalui jalur prestasi lomba. Saat mendaftar, Pinky mengaku sempat resah dan khawatir tidak diterima.

"Persaingan saat daftar memang cukup ketat, membuat saya khawatir. Tetapi Alhamdulillah lolos dengan bukti prestasi lomba olimpiade dan olimpiade sain nasional matematika," ujar Pinky.

Sebelumnya, Pinky merupakan siswa SMPN 17 Malang. Bersekolah di SMAN 4 Malang adalah impiannya saat duduk di bangku sekolah dasar. Saat SMP ia sebenarnya ingin sekolah di SMPN 3 namun gagal di jalur zonasi.

"Saat SMA ini saya tidak mau gagal lagi, dan bersyukur bisa diterima di SMAN 4 sesuai keinginan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PPDB SMAN 1 Malang, Tanto Prihadi mengungkapkan jika proses daftar ulang di hari pertama ini berjalan lancar. Pihak sekolah memang membagi proses ini selama dua hari. Untuk hari pertama, proses daftar ulang bagi siswa yang daftar melalui jalur afirmasi, prestasi lomba dan nilai rapor, serta jalur kepindahan orang tua.

"Kalau besok khusus daftar ulang untuk siswa yang daftar melalui jalur zonasi. Dengan dibagi seperti ini jadi tidak ada kerumunan, semua berjalan lancar," kata Tanto.

Di sekolah tersebut, pada tahun ajaran 2022/2023 total menerima 340 siswa baru. Untuk melakukan daftar ulang, siswa hanya perlu membawa KK dan akta kelahiran asli.

"Selain itu juga dilengkapi berkas sesuai dengan jalur pendaftarannya. Misalnya untuk jalur prestasi lomba yang harus bawa sertifikat asli pernah menang lomba," ujarnya.

Jika sampai tanggal 8 Juli besok ada siswa yang sudah dinyatakan diterima tetapi tidak mendaftar secara langsung ke sekolah, maka tim dari sekolah akan mencari dan memastikan yang bersangkutan apakah mengundurkan diri.

"Tetapi sejauh ini tidak ada di SMAN 1 yang tidak daftar ulang, karena untuk bisa diterima di sekolah ini juga sulit, persaingannya ketat," pungkas Tanto. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar