Pemkot Malang Dorong Perpustakaan Sekolah Terakreditasi

Salah satu layanan di gedung perpustakaan umum dan arsip Kota Malang

KBRN, Malang : Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang mendorong perpustaakaan sekolah segera mengikuti akreditasi sebagai salah satu persyaratan bahwa perpustakaan itu layak dan memenuhi standar. Untuk perpustakaan sekolah bisa mengikuti kebijakan relaksasi akreditasi perpustakaan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Indonesia.

Pustakawan Muda Dispussipda Kota Malang, Santoso Mahargono mengatakan, kebijakan relaksasi akreditasi perpustakaan adalah keringanan dari perpustakaan nasional Indonesia bagi perpustakaan yang tidak bisa ikut akreditasi reguler. 

“Karena persyaratan akteditasi reguler ini berat, misalnya koleksi buku harus di atas seribu buah, pengelolanya harus pustakawan, kemudian jumlah anggaran dan peningkatan pengunjung. Nah ini bagi perpustakaan kecil-kecil di sekolah itu kan berat, jadi diberi keringanan mulai 2020 sampai sekarang,” kata Santoso di sela kegiatan sosialisasi budaya membaca dan literasi bagi pengelola perpustakaan sekolah yang digelar di gedung perpustakaan dan arsip Kota Malang, Selasa (28/6/2022).

Ia menjelaskan, Dispussipda Kota Malang telah mengajukan seluruh perpustakaan di SD dan SMP untuk mengikuti kebijakan relaksasi akreditasi ini. Jumlah yang sudah diajukan sebanyak 382.

“Jumlah yang kita ajukan ini terbanyak di Indonesia. Saat ini kita masih kurang 18 sekolah, nah sisanya itu yang kita beri sosialisasi pada hari ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, akreditasi ini penting untuk dimiliki oleh perpustakaan, tak terkecuali perpustakaan yang ada di sekolah. Nantinya akreditasi ini menjadi bukti bahwa perpustakaan sesuai standar.

“Perpustakaan harus sesuai standar perpustakaan nasional, untuk mencapai standar itu buktinya ya lewat akreditasi ini. Kegiatan ini memberikan sosialisasi pada yang belum ikut relaksasi dan perpustakaan belum punya nomor induk perpustakaan,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar