Hadiri Pelantikan Rektor, Gubernur Jatim Harapkan UB Berkontribusi Tingkatkan Sektor Pangan dan Pertanian

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

KBRN, Malang : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut menghadiri pelantikan Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Widodo, di gedung Samantha Krida, Senin (27/6/2022). Dalam kesempatan itu, ia berharap UB di bawah kepemimpinan Prof. Widodo bisa berkontribusi untuk membantu pemerintah dalam menghadapi krisis pangan dan krisis energi.

"UB kekuatannya di sektor pertanian dan pangan, dari harapan internasionalisasi UB ini, tidak hanya membantu pemenuhan kebutuhan pangan di wilayah Jawa Timur dan Indonesia, tetapi juga bisa berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan pangan dunia," kata Khofifah.

Berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), saat ini UB gencar melakukan upaya internasionalisasi atau menjadikan kampus berkelas dunia. Khofifah menginginkan bahwa upaya internasionalisasi ini tak hanya difokuskan pada ranking dunia.

"Saya rasa ini relevan apa yang dibutuhkan dunia terkait krisis pangan, dan itu adalah kekuatan UB. Mudah-mudahan rektor UB betul-betul bisa mendorong internasionalisasi peran UB, bukan hanya soal ranking, tetapi juga kontribusinya signifikan dari sektor pertanian dan pangan," tuturnya.

Usai dilantik, Prof. Widodo menekankan tiga poin yang akan dilakukan pada awal masa kepemimpinannya. Pertama, relevansi perguruan tinggi dengan kebutuhan masyarakat. Poin inilah yang ditangkap oleh Gubernur Jatim. 

"Jadi riset-riset kita nanti akan disinergikan dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan kami bekerjasama dengan pemerintah daerah bahkan Pemprov Jatim untuk melakukan riset demi pembangunan dan kepentingan masyarakat," kata dia.

Target kedua adalah meningkatkan internasionalisasi dengan menaikkan peringkat UB di level kampus dunia. Yang terakhir adalah sustainability atau upaya berkelanjutan untuk mengikuti perlombaan teknologi dan perubahan dunia.

"Untuk itu, kami mohon dukungan civitas akademika UB, pemerintah mohon dukungan dan kerjasama, sehingga kita diberikan petunjuk dan kemudahan dalam bekerja," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar