Hadirkan Kedua Orang Tua Wisudawan, UM Kembali Gelar Wisuda Luring ke-112

Persiapan wisuda luring ke-112 di gedung Graha Cakrawala UM

KBRN, Malang : Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar wisuda ke-112 secara luring pada Sabtu (24/6/2022) besok di Graha Cakrawala. Bedanya, wisuda kali ini sudah bisa menghadirkan kedua orang tua dari wisudawan. Meski begitu, penerapan protokol kesehatan akan tetap dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Wisuda secara luring ini tetap kami selenggarakan dengan kewaspadaan tinggi disertai kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Misalnya dalam bentuk kewajiban memakai masker dan keharusan peserta yang hadir untuk divaksin lengkap, serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ungkap Wakil Rektor III UM, Mu’arifin saat ditemui di sela persiapan wisuda di gedung Graha Cakrawala, Jumat (23/6/2022).

Upaya menghadirkan kedua orang tua, sambung Mu’arifin merupakan bentuk apresiasi pihak kampus pada wisudawan yang telah menyelesaikan masa studinya. Sebelumnya, pada wisuda periode ke-111, pihak kampus masih bisa menghadirkan satu orang tua wisudawan.

“Wisuda ini sebagai bentuk perayaan bagi mahasiswa kami yang sudah lulus, mereka akan senang ketika kedua orang tua bisa hadir. Kami izinkan karena kondisi Covid-19 sudah menurun,” katanya.

Ia menjelaskan, jumlah wisudawan yang terdaftar sebanyak 998 orang, dengan lulusan yang mencapai Indeks Ptestasi Kumulatif (IPK) lebih besar 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 825 orang atau 99,64 persen. 

“Meski begitu, ada sekitar 19 orang wisudawan yang berhalangan hadir karena sudah bekerja. Ada dua wisudawan kami yang sudah berpulang, tetapi pihak kampus memberikan apresiasi dengan tetap menghadirkan keluarganya di wisuda kali ini. Karena bagaimana pun almarhum adalah mahasiswa kami,” tutur Mu’arifin.

Dari 998 wisudawan itu, predikat yudisium kelulusannya adalah sebanyak 546 orang dengan pujian, predikat sangat memuaskan 279 orang, dan 3 orang predikt memuaskan. Untuk program magister dan doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah sebanyak 119 orang dengan pujian, sebanyak 47 orang sangat memuaskan, dan 4 orang dengan predikat memuaskan.

Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 143.159 orang, terdiri dari 2.174 orang lulusan program Doktor, 11.203 orang lulusan program Magister, 93.338 orang lulusan program Sarjana, 16.687 orang lulusan program Diploma III, 1.744 orang lulusan PPG, dan 18.013 orang lulusan program Non Gelar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar