ITN Malang Diupayakan Berubah Jadi Universitas

KBRN, Malang : Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang diupayakan bakal berubah status menjadi universitas. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Rektor ITN Malang di sela Halal Bi Halal keluarga besar ITN yang digelar pada Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, perubahan status dari institut menjadi universitas mengikuti perkembangan zaman. Terlebih lagi institut hanya terbatas pada bidang teknologi saja.

“Bahwa kita sekarang institut terbatas pada teknologi, sementara lulusan SMA dan SMK banyak yang non teknologi seperti jurusan sosial, sehingga mereka kesulitan untuk masuk ke bidang-bidang teknik,” tutur Prof. Lomi.

“Karena kita sebagai perguruan tinggi yang melayani masyarakat dengan tidak memandang latar belakang, maka ini (jadi universitas) adalah upaya kami untuk bagaimana mengembangkan ITN menjadi lembaga atau universitas yang bisa menampung semua lulusan SMA yang juga berasal daru jurusan sosial,” imbuhnya.

Ditanya soal modal penting yang sudah disiapkan menjadi universitas, ia mengungkapkan bahwa sebenarnya berdasarkan aturan pemerintah hanya perlu mengajukan perubahan nama saja. Sebab ITN Malang kini sudah memiliki dosen yang cukup, semua prodi sudah terakreditasi,serta  punya mahasiswa.

“Sehingga kita tidak perlu lagi upaya-upaya seperti kita mendirikan perguruan tinggi baru. Kita isi formulir dan sampaikan pada pemerintah,” katanya.

Pihaknya berharap perubahan nama menjadi universitas ini bisa segera terealisasi.

“Untuk merubah nama jadi universitas tentunya juga  banyak pertimbangan yang sedang dikaji, kami berharap bisa secepatnya selesai,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan halal bi halal tersebut, selain diwarnai tauziah oleh KH Zain Baik, juga ada pemberian donasi untuk tiga panti asuhan yakni panti asuhan Nurul Abyadh Sigura-gura, panti asuhan Al Muniriyah Merjosari, dan Kerukunan Yatim Piatu & Dhuafa Bumi Langgat Kepuharjo.

“Kami juga memberikan santunan pada keluarga ITN. Santunan ini didapatkan dari hasil donasi yang dikumpulkan oleh dosen dan karyawan ITN Malang sebagai bentuk kepedulian kami,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar