Usai Libur Lebaran, Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Kota Blitar Mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Komputer dengan Ponsel Android

KBRN, Blitar : Usai libur lebaran, siswa siswi kelas IX tingkat SMP di Kota Blitar langsung mengikuti ujian sekolah yang diselenggarakan di masing-masing lembaga pendidikannya. Kegiatan tersebut juga terpantau dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Blitar.

Saat dikonfirmasi, Kepala SMP Negeri 1 Kota Blitar Juli Setyanto menyampaikan, pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa siswi kelas IX berbasis komputer atau computer based test (CBT) dengan menggunakan perangkat ponsel atau ponsel android. Dengan sistem tersebut, dinilai lebih mempermudah kinerja guru dan siswa, dan bisa meminimalisir adanya kecurangan dalam mengerjakan soal ujian dan lain-lain.

"Iya betul saat ini anak-anak kelas IX melakukan ujian sekolah berbasis komputer, namun lebih tepatnya itu menggunakan ponsel android mereka masing masing," ucap Juli, Jumat (13/5/2022).

Juli menerangkan, ujian sekolah di SMP Negeri 1 Kota Blitar dilaksanakan mulai 11 Mei 2022 hingga 18 Mei 2022. Sebagaimana diketahui, bahwa ujian sekolah menjadi syarat kelulusan tiap siswa siswi. Artinya, hasil ujian sekolah akan diakumulasi dengan hasil ujian praktik dan hasil rata-rata nilai rapor kelas VII sampai kelas IX atau semester satu sampai semester lima untuk syarat kelulusan siswa.

"Iya ini menjadi syarat kelulusan siswa dan nanti hasil ujian sekolah akan diakumulasikan dengan hasil ujian praktik dan yang lainnya," terang dia.

Dalam pelaksanaan, ujian sekolah di SMP Negeri 1 Kota Blitar diikuti sebanyak 283 siswa siswi. Juli menyebut, ujian sekolah digelar satu sesi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 10.15 WIB, dalam satu sesi dengan menggunakan 18 ruang kelas.Jumlah rombongan belajar untuk kelas IX ada sembilan kelas. Tiap kelas dibagi menjadi dua ruangan dalam pelaksanaan ujian sekolah.

"Ada satu sesi fan diikuti sebanyak 284 siswa siswi kelas IX semuanya tanpa terkecuali," sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar Samsul Hadi mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah siswa kelas IX tingkat SMP di Kota Blitar sudah berbasis komputer. Untuk teknis pelaksanaannya, pihaknya menyerahkan kepada pihak masing-masing sekolah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar